TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Mampu Membuatmu Terhindar dari Perasaan Rendah Diri

Jangan minder, karena setiap orang itu berharga

ilustrasi merasa tidak percaya diri (pexels.com/Alex Green)

Salah satu problematik yang hampir dimiliki setiap orang adalah perasaan rendah diri atau minder. Hal tersebut juga tak lepas dari peran teknologi yang saat ini berkembang pesat. Di mana akses media sosial yang meluas membuat kita mudah membagikan kehidupan pribadi maupun melihat kehidupan orang lain.

Rendah diri adalah kondisi di mana seseorang merasa lebih rendah dari orang lain, lantaran menganggap diri sendiri tidak memiliki kemampuan yang sama. Perasaan demikian secara tak sadar mampu membatasi kemampuan yang sebenarnya kamu miliki. Perasaan demikian tentu tak boleh dipelihara, berikut lima hal yang perlu kamu lakukan sebagai bentuk solusi dalam mengatasi perasaan rendah diri yang kerap hadir. 

1. Tidak pernah berhenti untuk belajar

ilustrasi membaca buku (pexels.com/Karolina Grabowska)

Faktor utama hadirnya perasaan rendah diri yakni disebabkan karena kamu merasa tidak memiliki kemampuan dibandingkan dengan orang lain. Imbasnya, kamu akan kehilangan percaya diri. Hal tersebut tentu akan sangat mengganggu kelangsungan hidupmu ke depan.

Oleh karena itu, kamu perlu segera mengatasinya. Salah satunya dengan memupuk semangat belajar dalam diri. Jangan pernah berhenti untuk mencari tahu hal baru maupun mencari wawasan lainnya. Dengan membiasakan hal tersebut, kamu akan memiliki bekal ilmu yang bisa mengembalikan kepercayaan diri yang sempat hilang.

Baca Juga: 6 Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri, Jangan Tertukar!

2. Tidak mudah putus asa

ilustrasi semangat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melawan perasaan rendah diri adalah dengan tidak mudah menyerah. Tidak mudah menyerah atas keadaan yang sulit, omongan negatif orang lain, atau untuk terus meningkatkan kemampuan diri. Sebab, sikap pantang menyerah itu cenderung bersamaan dengan perasaan semangat yang positif.

Oleh karena itu, semua yang terlihat sulit akan terasa mudah ketika kamu memiliki jiwa pantang menyerah. Begitu pula ketika kamu merasa minder dengan kemampuan yang dimiliki. Percayalah, ketika kamu mau mengupayakan hal terbaik, maka dirimu sendiri yang akan memperoleh hasil terbaik.

3. Memaksa diri untuk mencoba hal baru

ilustrasi mencoba hal baru (freepik.com/Lifestylememory)

Sejatinya, perasaan rendah diri atau minder yang kamu alami berasal dari diri sendiri. Boleh jadi, perasaan tersebut hanyalah imajinasi yang kamu ciptakan. Artinya, apa yang kamu pikirkan tidak sejalan dengan kenyataan yang ada.

Jadi, jangan pernah berasumsi terlebih dahulu sebelum membuktikannya. Jangan pernah menganggap dirimu tak bisa, sebelum mencobanya. Paksakan diri untuk selalu mencoba hal-hal baru, agar kamu bisa mengukur sejauh mana kemampuan yang dimiliki.

4. Selalu berusaha memberikan kemampuan terbaik yang dimiliki

ilustrasi disiplin bekerja (pexels.com/Christina Morillo)

Jangan pernah merasa kamu tak bisa sebelum mencobanya. Sebab, hal itu hanyalah anggapan semata, di mana jika dibiarkan terus-menerus bisa menciptakan perasaan minder. Perasaan tersebut tentu akan berbahaya apabila tidak segera diatasi.

Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan terus menghadirkan kekuatan terbaik, kemampuan maksimal, serta semangat yang tinggi. Dengan hal tersebut, kamu bisa mendapatkan hasil terbaik. Setelah itu, kamu akan berucap, "Ternyata aku bisa melakukannya ketika bekerja dengan lebih keras lagi".

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Rendah Diri pada Anak Usia Puber

Verified Writer

Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya