TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kenikmatan yang Hanya Dirasakan oleh Kamu yang Berani Bilang "Tidak"

Berani bilang tidak itu keren

pixabay.com/MabelAmber

Guys, sebagian besar dari kita lahir dan besar di Indonesia, yang mana budaya sungkan sangatlah kita rasakan sampai sekarang. Namun ada beberapa dari kita pula yang kadang melupakan masalah sungkan dan lebih senang blak-blakan berkata tidak. 

Nah, berikut 5 kenikmatan yang hanya dirasakan oleh kamu yang berani bilang tidak. Let's check the point.

1. Stres bukan teman baik kamu

pixabay.com/xusenru

Untuk apa stres? Kamu adalah orang yang tidak menyukai melakukan apapun yang akhirnya malah membuat kamu tertekan karena sebenarnya kamu tidak menyukainya. Jadi, stres bukanlah hal yang sering kamu alami, karena kamu berani bilang hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginanmu. 

Baca Juga: Jangan Sungkan, Ini 5 Kondisi Kamu Harus Berani Bilang 'Tidak'!

2. Jujur adalah kebiasaanmu

pexels.com/helena lopes

Orang yang berani berkata tidak menjadikan kejujuran bukan sebagai pilihan namun kebiasaan. Sama dirinya sendiri aja jujur, apalagi dengan hubungannya dengan orang lain. Maka dari itu, hidup apa adanya dan jujur membuat orang yang berani bilang tidak sangat bahagia.

3. Mengetahui apa yang sebenarnya kamu inginkan

pexels.com/Martin Lopez

Guys, banyak lho di antara kita yang masih bingung sebenarnya apa yang kita inginkan. Rata-rata kita selalu mengikuti saran orang karena menurut kamu orang lain yang lebih tau. Padahal, kamulah yang mengetahui apa yang kamu mau. Sehingga jika kamu berani bilang tidak, maka sebenarnya kamu melatih diri untuk mengenal pribadi kamu dan apa yang kamu inginkan.

4. Memiliki keberanian untuk berbeda

pixabay.com/kaboompics

Berbeda dalam hal ini bisa saja membuat kamu akhirnya harus berdebat. Namun, jangan khawatir akan hal itu. Konflik juga bisa membuat kamu belajar bagaimana menyikapi perbedaan. Sehingga kamu tau bagaimana cara berdebat yang tidak menimbulkan dendam atau masalah yang berkepanjangan. 

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Anak Muda yang Open-Minded, Setuju?

Verified Writer

Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya