TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Sepele yang Membuat Kita Susah Cari Ide Nulis Saat Stay at Home

Sebaiknya segera diperbaiki, ya!

Ilustrasi bingung (pixabay.com/StockSnap)

Saat kita dalam 2 bulan terakhir ini hanya menghabiskan waktu #dirumahaja, seringkali kita merasa kehabisan ide dalam menulis. Walau sudah mencoba konsisten pada topik tertentu, namun tetap aja rasanya idenya mampet.

Nah, ternyata hal ini gak asal terjadi begitu saja. Lima hal sepele ini bisa jadi membuat kita jadi mengalami kesusahan dalam menemukan ide menulis. 

1. Pemikiran bahwa artikel yang kita tulis pasti akan terbit

pixabay.com/stevedimatteo

Ini mindset yang harus diubah terlebih dahulu. Mungkin saat kita masih beraktivitas seperti biasa dulu, kita gak terlalu memikirkan artikel yang di-submit akan selalu terbit. Namun, karena sekarang kita lebih banyak waktu luang, pemikiran bahwa artikel yang kita tulis akan terbit malah akan semakin muncul.

Maka, sebaiknya janganlah berharap demikian. Biarkanlah editor yang menilai apakah artikel kita bisa diterbitkan atau tidak. Toh, jika kita sudah menulis dengan benar, dan topik kita menarik, pasti akan terbit tanpa harus mengharapnya dengan sangat.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Membuat Judul Artikel yang Mengundang Banyak Pembaca

2. Terlalu sering lihat kolom pending

pixabay.com/Free-Photos

Nah, karena gak ada kerjaan kita malah jadi suka iseng melihat kolom pending. Kalau sudah lihat gak kenapa-kenapa sih oke. Tapi kalau sudah lihat malah jadi akan galau dan stress, mana bisa kita berpikir jernih buat artikel yang akan di-submit? Lebih baik, bukalah kolom publish yang mana kita bisa jadi termotivasi untuk berinovasi lebih dalam membuat sebuah artikel. 

3. Menjalani pola hidup yang berantakan akibat #dirumahaja

pixabay.com/Free-Photos

Pola hidup yang berantakan ini contohnya siang jadi malam, malam jadi siang. Mana bisa kalau malamnya begadang lalu pagi harinya bisa bangun dengan perasaan segar? Kurang tidur ini yang akan jadi cikal bakal otak kita jadi sulit berpikir dengan jernih. Istirahat yang cukup, niscaya pikiran kita akan fresh setiap hari. 

4. Membiarkan kebosanan di rumah aja merasuki kita

pixabay.com/Engin_Akyurt

Di rumah selama 2 bulan lebih, siapa sih yang gak akan bosan? Pasti bosan itu datang dan itu adalah hal yang wajar. Namun, jangan berkawan dengan kebosanan. Segera lakukan sesuatu saat kita merasa mulai bosan. Karena bosan ini bisa mempengaruhi semua aktivitas, termasuk menulis. Bad mood juga berasal dari kebosanan yang akut.

Maka, segera alihkan perhatian diri saat bosan mulai melanda. Misal bisa sambil berjalan-jalan di komplek perumahan, mendengarkan musik, atau boleh lah bermain game atau hobi kita. Pokoknya, jangan sampai terlalu lama membiarkan kebosanan.

Baca Juga: 5 Tips Manjur Agar Kamu Selalu Mendapatkan Inspirasi Ketika Menulis!

Verified Writer

Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya