TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Mengapa Kamu Selalu Dihantui Bayang-bayang Kegagalan 

Saat yang ada di dalam otakmu adalah gagal dan gagal

unsplash.com/Adolfo Félix

Setiap orang mengalami kegagalan dalam hidupnya. Bukan hanya satu kali, tapi berkali-kali bahkan sampai tak terhitung jumlahnya. Namun, kegagalan ini tak lantas membuat kamu patah semangat. Justru karena gagal, makanya kamu harus lebih semangat agar keadaan berbalik menjadi keberhasilan.

Tapi nyatanya, mewujudkan hal ini tidaklah mudah. Kamu justru lebih sering dihantui oleh bayang-bayang kegagalan pada masa mendatang. Mengapa bisa demikian? Yuk, simak alasannya berikut ini.

1. Tidak move on dari kegagalan di masa lampau

unsplash.com/Ernest Brillo

Kegagalan akan selalu menghantui hidupmu kalau kamu gak mau move on darinya. Semua yang sudah berlalu, biarlah berlalu. Sekarang saatnya kamu fokus untuk menatap masa depan. Tuliskan apa rencanamu ke depannya sebagai pedoman yang akan senantiasa menuntunmu untuk melangkah maju.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Justru Butuh Kegagalan untuk Bisa Sukses

2. Belum berhasil menemukan penyebab kegagalan 

unsplash.com/Luis Pereira

Hal yang wajar bila gagal selalu menghantui karena kamu saja pun belum berhasil menemukan akar penyebabnya. Sebaiknya luangkan waktumu untuk flashback walau sebentar agar kamu bisa melihat seperti apa dirimu dan kinerjamu di masa lampau. Sehingga kegagalan yang sama tak terulang kembali di lain waktu.

3. Terlalu takut untuk meloncat ke batu yang berbeda 

unsplash.com/Max Rovensky

Masih banyak hal-hal baru yang bisa kamu coba untuk mengubah kegagalan menjadi kesuksesan. Kamu hanya perlu bertindak saja sebelum terlambat. Apabila kegagalan sudah menjadi bagian dari hidupmu, maka berbuat apa-apa pun kamu sudah tak mau lagi karena takut gagal.

4. Pengaruh cerita maupun pengalaman dari orang lain 

unsplash.com/Tina Markova

Bayang-bayang kegagalan yang menghantuimu gak lepas dari cerita atau pengalaman orang lain di sekitarmu. Ini secara tidak langsung akan kembali mengingatkanmu pada kegagalan yang sudah hampir dilupakan. Akibatnya kamu jadi mengundurkan niat untuk berkembang, dan memilih untuk stay pada zona di mana kamu merasa gak akan gagal.

Baca Juga: 5 Alasan Tak Masalah Jika Kamu Menangis Saat Dihadapkan Kegagalan

Verified Writer

Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya