TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menghargai Hadiah dari Orang Lain, Bukan Cuma Terima Kasih

Tunjukkan kalau kamu suka dengan hadiahnya

ilustrasi mendapat hadiah (pexels.com/vlada-karpovich)

Ketika kamu mendapatkan hadiah dari orang lain, kamu harus bersyukur. Itu artinya, pemberinya masih perhatian padamu. Contohnya, banyak orang mungkin tahu hari ulang tahunmu.

Namun hanya segelintir yang sampai rutin memberimu hadiah. Belum lagi di momen-momen selain ulang tahunmu. Lantas, sudahkah kamu bersikap sepantasnya atas pemberian itu?

Selain ucapan terima kasih yang wajib disampaikan, kamu juga masih perlu melakukan lima hal di bawah ini. Orang yang memberimu hadiah pasti bakal merasa puas.

1. Memakainya

ilustrasi membuka kado (pexels.com/ekaterina-bolovtsova)

Boleh banget lho, kamu sengaja memakai hadiah itu di pertemuan kalian berikutnya. Misalnya, saat kamu diberi hadiah berupa pakaian, tas, atau topi.

Dia pasti akan merasa senang mengetahui pemberiannya berguna untukmu. Sebaliknya kalau kamu tidak pernah terlihat memakainya, dia bisa berpikir kamu tidak menyukainya.

Baca Juga: Bukan Hadiah Mewah, Ini 5 Cara Sederhana Membahagiakan Pasangan

2. Jangan bilang, "Yah, kukira..."

ilustrasi hadiah dari teman kantor (pexels.com/rodnae-prod)

Ucapan seperti di atas mengesankan kamu kecewa setelah mengetahui isi hadiahnya. Kamu barangkali sangat mengharapkan hadiah yang lain. Wah, pemberi hadiah pasti bakal seketika merasa gak enak hati padamu.

Di satu sisi, dia merasa gagal memahami keinginanmu. Di sisi lain, kesal juga karena dia telah membuang-buang uang untuk membeli hadiah yang ternyata tidak kamu inginkan.

3. Sebisa mungkin jangan diberikan pada orang lain

ilustrasi mendapat hadiah (pexels.com/shkrabaanthony)

Maksudnya, sejauh hadiahnya dapat kamu pakai sendiri, jangan sampai diberikan pada orang lain. Dia kan, memberikannya untukmu, bukan buat yang lain. Jika pemberi hadiah tahu kamu langsung mengoper pemberiannya ke orang lain, dia pasti kecewa berat. Tahu akan begitu, mending dia tidak menghadiahimu apa-apa.

Kalau kamu mendapatkan hadiah serupa dari banyak orang, misalnya seprai sebagai kado pernikahan, dan ingin memberikan sebagiannya pada orang lain, pastikan pemberinya jangan sampai tahu. Begitu pula ketika ukuran hadiahnya terlalu kecil atau besar untukmu sehingga tak mungkin kamu pakai sendiri.

4. Gak usah tanya harganya

ilustrasi membuka hadiah (pexels.com/any-lane)

Mungkin saja maksudmu menanyakan harga justru karena kamu tahu hadiah itu lumayan mahal sehingga kamu ingin lebih menunjukkan rasa terima kasihmu. Akan tetapi, orang lain dapat mengiranya berbeda.

Orang yang terlalu sensitif barangkali bakal seketika cemas kalau-kalau kamu mengira pemberiannya murahan dan kamu hendak memastikan dugaanmu. Atau, kamu bakal menolak hadiah itu setelah tahu harganya gak seberapa. 

Baca Juga: 5 Inspirasi Hadiah Buat Orang yang Gemar Membaca Buku, Biar Terpakai!

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya