TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Biasa Dinasihatkan Orangtua saat Anak Hendak Merantau 

#IDNTimesLife Semoga perantauanmu berhasil! 

Unsplash.com/24ameer

Merantau biasa menjadi pilihan saat anak beranjak dewasa untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja. Terutama saat anak baru pertama kali hendak merantau, tentu orangtua akan memberikan banyak wejangan.

Tujuannya baik. Agar anak selamat bahkan sukses di tanah orang. Supaya kelak pulang-pulang sudah jadi orang. Apakah kamu juga perantau? Kalau ya, yuk, ingat-ingat lagi nasihat orangtua biar kamu makin semangat!

1. Jaga pergaulan 

Unsplash.com/alipzn

Dengan siapa kamu berteman selama merantau memang sangat menentukan akan jadi apa kamu kelak. Gak ada keluarga yang bisa memantau pergaulanmu. Maka kamu harus lebih berhati-hati dalam menjaga diri.

Bukan sombong dan gak luwes dalam bergaul. Namun pastikan kamu berada dalam pergaulan yang positif. Kamu harus berani menolak ajakan-ajakan yang bisa berakibat buruk bagimu.

2. Pintar-pintar mengelola uang 

Unsplash.com/all_who_wander

Kalau kamu merantau untuk melanjutkan pendidikan, kamu harus menghemat uang kiriman orangtua atau beasiswa yang didapatkan. Kalau kamu bekerja, kamu juga gak boleh berfoya-foya mentang-mentang sudah punya uang sendiri.

Sebab kalau terjadi apa-apa, tabunganmu akan sangat membantumu bertahan hidup. Menunggu kiriman lagi dari orangtua mungkin gak bisa cepat. Sedang hendak meminjam dari orang lain mungkin kamu malu atau malah gak ada yang mau meminjami.

Baca Juga: Merasa Gak Pantas Dimiliki Oleh Siapa Pun? Baca 5 Nasihat Ajaib Ini

3. Jaga kesehatan, jangan makan sembarangan 

Unsplash.com/adliwahid

Memang benar, menjadi perantau harus lebih pintar mengelola uang seperti dalam poin 2. Namun bukan berarti kamu asal dalam membeli makanan, mengabaikan kebersihan serta nutrisi.

Nanti malah jadi penyakit. Sudah keluar biaya banyak, juga siapa yang akan merawatmu? Maka mengatur pola makan tetap penting. Meski menunya sederhana, yang penting teratur, bersih, dan menyehatkan.

4. Baik-baik sama orang 

Unsplash.com/@mahdi17

Bukan berarti kamu perlu menjadi seorang penjilat biar mereka menyukaimu. Namun bersikaplah ramah pada siapa pun. Hanya karena kamu anak kos misalnya, jangan lantas sama sekali tak peduli pada tetangga-tetangga di sekitar tempat kosmu.

Bagaimanapun, kamu seorang pendatang. Kamu harus bersikap baik kalau ingin diterima dengan baik pula di suatu lingkungan. Tersenyum, mengangguk, dan sedikit sapaan sudah cukup untuk menunjukkan bahwa kamu menghormati mereka.

Baca Juga: Biar Gak Menyesal, 5 Alasan Jangan Meremehkan Nasihat dari Orangtua

Verified Writer

Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya