Comscore Tracker

Biar Gak Menyesal, 5 Alasan Jangan Meremehkan Nasihat dari Orangtua

#IDNTimesLife Selagi nasihat itu baik kenapa gak?

Ngaku aja saat dinasihati orangtua kadang kita malas untuk sekedar mendengarkannya. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab nasihat yang mereka berikan kadang gak relevan dengan keadaan yang kita alami. 

Ya meskipun nasihat yang mereka berikan kadang gak sesuai dengan keadaanmu, tapi jangan pernah meremehkannya ya. Karena kita yakin setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya, berikut 5 alasan jangan meremehkan nasihat orangtua. 

1. Mereka sudah pernah muda

Biar Gak Menyesal, 5 Alasan Jangan Meremehkan Nasihat dari Orangtuapexels.com/Tristan Le

Alasan pertama kenapa jangan pernah meremehkan nasihat dari orangtua yaitu mereka sudah pernah muda, sudah pernah merasakan asam pahitnya kehidupan. Tentu sebagai orang yang lebih tahu mereka sadar betul apa yang terbaik bagi anak-anaknya.

Gak mungkin mereka memberi nasihat untuk menjatuhkan atau merugikanmu. Ya meskipun nasihat tersebut kadang gak relevan dengan keadaanmu, tapi tetap hargailah pendapatnya. 

2. Sudah melewati berbagai pengalaman hidup lebih dulu 

Biar Gak Menyesal, 5 Alasan Jangan Meremehkan Nasihat dari Orangtuapexels.com/@pixabay

Alasan selanjutnya yaitu mereka sudah melewati berbagai pengalaman lebih dulu. Pahit manisnya kehidupan, cobaan, dan ujian sudah mereka rasakan semua. Belajar dari pengalaman itulah, kenapa mereka ingin anak-anaknya bisa lebih hati-hati dalam mengambil keputusan dan berpikir dulu sebelum bertindak. Itulah sebabnya jika kamu dinasihati oleh seseorang jangan buru-buru meremehkan siapa tahu nasihat tersebut menyimpan petuah yang berharga. 

3. Sudut pandang yang berbeda

Biar Gak Menyesal, 5 Alasan Jangan Meremehkan Nasihat dari Orangtuapexels.com/@Andrea Piacquadio

Alasan selanjutnya yaitu karena orangtua memiliki sudut pandang yang berbeda. Apa yang kamu pikir dan anggap itu pilihan terbaik belum tentu sama dengan orangtua pikirkan.

Perbedaan sudut pandang antara mereka inilah yang terkadang membuat miss komunikasi. Tapi jika mau berpikir ulang sudut pandang mereka bisa saja yang terbaik sebab mereka sudah pernah meraskan pengalaman hidup lebih banyak dari kita. 

Baca Juga: 8 Nasihat untukmu Melalui Quarter Life Crisis, Langsung Terapkan! 

4. Sebagai bentuk kepedulian terhadapmu

Biar Gak Menyesal, 5 Alasan Jangan Meremehkan Nasihat dari Orangtuapexels.com/@Andrea Piacquadio

Siapa duga orangtua yang memberi nasihat itu sebenarnya sebagai bentuk kepedulian terhadapmu lho. Mereka gak ingin kamu melakukan kesalahan yang sama, bisa belajar pengalaman dari masa lalu, dan lebih berhati-hati dalam bertindak dan memutuskan sesuatu.

Namun sikapnya tersebut kadang menjadi overprotektif, yang akibatnya mereka terlalu mengatur dan ikut campur pada hidup kita. Hal ini menjadi tugasmu untuk menjelaskan pada mereka supaya gak berlebihan dan yakinkan bahwa kamu bisa menjaga diri sendiri dengan baik.

5. Siapa tahu mereka pernah mengalami apa yang kamu rasakan saat ini

Biar Gak Menyesal, 5 Alasan Jangan Meremehkan Nasihat dari Orangtuapexels.com/@pixabay

Alasan selanjutnya kenapa jangan meremehkan nasihat dari orangtua yaitu siapa tahu mereka pernah mengalami apa kamu rasakan saat ini. Mereka gak ingin kamu melakukan kesalahan yang sama, maka ia menasihatimu supaya kamu bisa belajar dari pengalaman di masa lalu.

Tentu berbicara tentang kehidupan mereka sudah lebih dulu kaya akan pengalaman. Jadi, jangan sampai kamu menyesal karena mengabaikan nasihatnya tersebut. 

Kita seringkali mengangggap nasihat dari orangtua itu kolot, gak sesuai dengan keadaan kita saat ini, dan hanya omongan kosong belaka. Tapi sebagai orangtua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya, jadi hargailah pendapatnya.

Baca Juga: Merasa Gak Pantas Dimiliki Oleh Siapa Pun? Baca 5 Nasihat Ajaib Ini

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya