TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Keuntungan Menjauhi Diri dari Konflik, Gak Melulu Berdebat

Karena pendapat, tidak melulu harus diperdebatkan

Pixabay.com/free-photos

Memiliki pendapat yang berbeda dengan orang lain, sering membuat kita tertantang untuk membela pendapat kita tersebut di ruang publik. Apalagi, jika kita tahu, hal tersebut memang benar dan tak boleh untuk dilanggar.

Tapi, bukan berarti semua perbedaan pendapat tersebut, segalanya harus didebatkan lho. Menjauhkan diri dari konflik itu ada juga baiknya, berikut ini beberapa keuntungannya:

1. Hidup terasa lebih enteng

Pixabay.com/free-photos

Hal pertama dari keuntungan menjauhkan diri dari konflik adalah, hidupmu akan terasa lebih enteng. Tidak ada yang perlu dipikirkan lebih jauh, soal kehidupan sekitar. Semua pun akan terasa lebih sederhana dan menyenangkan setiap hari. Hidup tanpa konflik dan drama, akan membuatmu lebih bahagia.

2. Menjauhkan diri dari banyak drama

Pixabay.com/free-photos

Banyak drama terbentuk akibat  perdebatan pendapat, yang berujung merenggangnya hubungan petermanan. Satu hal yang harus kamu ingat, tak melulu segala hal di dunia ini harus diperdebatkan lho.

Ada kalanya, mengalah  adalah langkah yang tepat. Tidak ada gunanya juga, berdebat kepada seseorang yang tidak memiliki pengetahuan yang sama, ya kan?

Baca Juga: Jangan Asal-asalan, Ini 5 Cara Berdebat yang Sehat dengan Pasanganmu

3. Memiliki hubungan jangka panjang yang baik

Pixabay.com/5688709

Mungkin kamu sangat kesal dengan bos mu, karena semua sikapnya yang menyebalkan. Rasanya, kamu ingin sekali, menyanggah setiap perkataannya. Namun, cobalah untuk berfikir kembali, jika kamu membuat konflik dengan bos mu, apakah kamu yakin hubunganmu dengan bosmu akan berjalan dengan baik?

Lingkungan kerja yang nyaman itu penting lho. Kalau belum apa-apa kamu sudah berkonflik dengan bos, maka pekerjaanmu juga tidak akan nyaman. Hal ini juga berlaku pula, pada relasi sosialmu yang lain.

4. Dapat menahan diri dari keluarnya kata-kata yang buruk

Pixabay.com/Ashish_choudhary

Setiap orang memiliki batasannya sendiri, dalam menahan setiap emosi yang ada. Jika batasan tersebut telah dilanggar, maka tak menutup kemungkinan, orang tersebut akan meledak sejadi-jadinya. Untuk itu, menjauhkan diri dari konflik adalah salah satu bentuk pengendalian diri, agar kamu tidak mudah terpancing emosi.

Baca Juga: 6 Cara Berdebat yang Bikin Sebal dan Gak Berfaedah, Jangan Dilakukan!

Verified Writer

Maya Andita

Trust me! I am not muggle || IG: @pengarang_maya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya