TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Trik Psikologis Ini Bisa Mempengaruhi Pikiran Orang Lain Lho!

Memudahkan kamu dalam berkomunikasi dan beradaptasi

unsplash.com/@mimithian

Setiap orang itu unik dengan caranya sendiri, tapi pada dasarnya manusia memiliki sifat yang sama. Hal ini memungkinkan kamu untuk membuat ikatan dengan orang lain dan yang lebih penting bisa meretas cara berpikir mereka.

Mengambil keuntungan dari apa yang sudah dimiliki setiap orang tentu mungkin sekali untuk memengaruhi keputusan dan pendapat orang lain tentang ide dan situasinya. Seperti beberapa trik psikologis bermanfaat ini yang memiliki efek kuat pada hampir semua orang.

1. Buat ilusi pilihan 

unsplash.com/@walre037

Jika kamu ingin seseorang melakukan sesuatu untukmu, mintalah tugas yang lebih sulit untuk dilakukan sebelum memberi tahu permintaan awal. Setelah menolak hal-hal yang lebih besar, orang cenderung menerima permintaan yang terlihat lebih mudah. Ini juga berfungsi ketika kamu mencoba meyakinkan seseorang. Beri mereka dua opsi pada saat yang sama: hal yang kamu inginkan dan tugas lain yang lebih sulit untuk dicapai. Dengan begitu permintaanmu yang sebenarnya akan terlihat lebih sederhana dan sulit untuk ditolak.

2. Ubah perselisihan menjadi keuntungan

unsplash.com/@edvinjohansson

Saat orang lain memberi tahumu tentang hal-hal yang tidak kamu setujui, jangan tunjukkan rasa keberatanmu dengan tegas. Pertama-tama akui apa yang mereka katakan dengan kata-kata seperti, "Aku mengerti maksudmu" dan lanjutkan dengan pendapatmu sendiri dengan bertanya "tetapi apakah kamu pernah memikirkan bagian ini?" Pendekatan itu akan membantu kamu menegaskan maksud tanpa terganggu atau ada orang yang menentangmu.

3. Katakan seolah-olah itu perkataan orangtuamu

unsplash.com/@mimithian

Kamu dapat menarik perhatian pada kata-katamu dengan memberi tahu orang-orang bahwa ayah atau ibumu yang mengajarkan hal itu kepada kamu. Kebanyakan orang biasanya mematuhi figur disiplin tradisional dan akan menghormati seorang ibu atau ayah dengan rasa empati memikirkan orang tua mereka sendiri.

Kebanyakan orang percaya kata-kata orang tua mereka dengan sepenuh hati dan ketika kamu mengatakan bahwa perkataanmu juga berasal dari orang tua, itu akan menciptakan efek yang sama seperti keluarga mereka sendiri.

4. Ambil pinjaman cinta 

unsplash.com/@dramseyyy

Ketika kamu merasakan ada seseorang yang tidak menyukaimu. Mintalah pada mereka sesuatu yang kecil untuk dipinjam, seperti buku yang kamu sukai misalnya. Meskipun saat pertama kali akan membuat koneksi enggan antara kalian berdua, tetapi setelah itu akan menghasilkan perubahan pendapat ketika kamu mengembalikan barang itu.

Baca Juga: 7 Trik Psikologi yang Akan Membantumu Lebih Percaya Diri

5. Diam bisa jadi awal yang menarik 

unsplash.com/@christinhumephoto

Selama keheningan yang canggung dengan seseorang yang ingin kamu kenal, tanyakan sesuatu tentang diri mereka. Bahkan orang yang paling pendiam sekalipun senang membicarakan diri mereka sendiri. Mereka akan menanyakan sesuatu kepadamu dan kamu akan mengubah keheningan menjadi percakapan yang lancar.

6. Kontak mata bisa meyakinkan dan menarik orang 

unsplash.com/@marco_blackboulevard

Setelah kamu selesai berbicara selama negosiasi, cukup menatap mata orang dan menunggunya dalam diam. Penampilanmu yang tekun akan secara positif memengaruhi persepsi orang lain tentang apa yang baru saja kamu katakan. Jika kamu kehilangan kontak mata setelah momen-momen intens ini, orang akan kehilangan minat setelah beberapa saat.

7. Buat mereka merasa besar 

unsplash.com/@jacksharp_photography

Menggunakan kata-kata yang benar dapat membuat perbedaan besar ketika kamu membutuhkan bantuan. Orang-orang cenderung akan membantu dengan kalimat permintaan jika kamu membutuhkan bantuan. Dorongan ego akan muncul dan mereka akan merasa seperti mengabulkan permintaanmu. Coba gunakan frasa sederhana seperti, "Tolong bantu saya" atau "Saya benar-benar membutuhkan bantuanmu."

8. Buat reaksi untuk mengamati 

unsplash.com/@wildlittlethingsphoto

Saat kamu berada dalam sebuah lingkungan atau grup baru, buat lelucon atau ceritakan kisah lucu untuk menonton reaksi orang. Orang-orang yang lebih dekat akan saling memandang sambil tertawa dan ini akan membantu kamu untuk memahami ikatan dan menentukan hubungan antara teman-teman.

9. Lakukan pengulangan

unsplash.com/@antenna

Pengulangan adalah salah satu cara terbaik untuk menciptakan ide konkret di pikiran orang. Jika kamu ingin memaksakan pendapatmu pada orang lain, ulangi saja dalam konteks yang berbeda atau cukup ucapkan hal yang sama dalam percakapan dengan ekspresi berbeda. Setelah mendengar hal yang sama beberapa kali, orang akan menganggap ide itu sebagai milik mereka karena otak mereka akan menyebut ide itu sebagai sesuatu yang akrab atau dikenal.

Baca Juga: 6 Trik Psikologi Ini Bakal Bikin Kamu Lebih Dipercaya Orang Lain

Verified Writer

Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya