TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Inspirasi Hidup Sehat Saat Musim Hujan biar Gak Gampang Sakit!

Tetap fit saat musim hujan

unsplash/Jon Ly

Musim hujan biasanya juga musimnya penyakit flu menyerang. Cuaca yang dingin bisa bikin kamu gampang sakit. Biar menjaga tubuhmu tetap sehat dan fit, kamu harus makan yang cukup dan jangan lupakan hal-hal penting lainnya. Hal ini perlu dilakukan terlebih jika kamu sering berada di ruangan AC dan kurang terpapar matahari.

Biar kesehatan tetap terjaga, ini lima langkah yang bisa kamu lakukan. Kalau belum melakukannya, coba sekarang, yuk!

1. Menjaga nutrisi dalam makanan

unsplash/Anna Pelzer

Kamu harus menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu. Pilih makanan yang mengandung banyak vitamin, sayuran, dan karbohidrat kompleks lainnya.

Perbanyak mengonsumsi sayuran berwarna dan tambahkan biji-bijian untuk taburan roti atau sebagai campuran cereal sarapanmu. Kamu juga bisa mengganti sarapan dengan segelas smoothies buah dan sayur.

Baca Juga: Studi: Orang Kaya Ternyata Punya Harapan Hidup Sehat Lebih Panjang

2. Minum air hangat

unsplash/Fermin Rodriguez Penelas

Jika selama ini kamu sering mengonsumsi air bersuhu ruangan, mungkin gak akan kesusahan jika mengganti menjadi minum air hangat.

Beda cerita kalau kamu penyuka es dan minuman dingin lainnya. Lidahmu akan merasa aneh jika kamu beralih minum air hangat. Selain itu, mengonsumsi air hangat juga dapat meredakan sinus, membersihkan racun dalam tubuh, dan mengemulsi lemak pada tubuh lebih cepat. 

3. Rutin berolahraga

unsplash/Meghan Holmes

Mendengar kata olahraga bukan berarti kamu harus daftar gym membership sekarang juga. Itu karena ada banyak pilihan olahraga lain yang mudah dilakukan, bahkan ketika di rumah.

Kamu bisa menonton banyak saluran YouTube yang berisi workout dan mulai mencobanya. Lakukan secara bertahap agar kamu terus berolahraga. Lakukan secara rutin agar tubuhmu semakin kuat menangkal berbagai penyakit.

4. Istirahat yang cukup

unsplash/Gregory Pappas

Usahakan tidur cukup agar bangun dalam keadaan segar di pagi hari. Istirahat yang berkualitas juga membantumu lebih bertenaga.

Kalau kamu termasuk orang yang susah tidur, bisa gunakan beberapa "alat bantu" agar cepat tertidur, misalnya memilih matras dan bantal yang nyaman, menyalakan humidifier atau lilin aromatherapy, serta mendengarkan musik tenang sebelum tidur.

Baca Juga: Jadi Orangtua Siaga, Ini 6 Tips Menjaga Pola Hidup Sehat pada Anak

Verified Writer

Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya