TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips agar Gak Frustrasi Bagi Kamu yang Suka Memendam Masalah Sendiri

Jangan sampai kamu jadi terpuruk!

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Banyak beban yang selalu dijalani setiap harinya. Bercerita menjadi solusi terbaik bagi setiap orang agar lebih lega dan tidak mudah frustrasi. Hanya saja, tak semua orang pandai dalam mengekspresikan perasaannya maupun menyatakan beban yang ditanggung kepada orang lain.

Jika kamu termasuk tipe orang yang kesulitan dalam curhat atau lebih sering memendam masalah sendiri, ada baiknya menyimak tips di bawah ini agar gak mudah frustrasi. 

1. Menulis di buku harian 

Pexels.com/kaboompics

Kamu boleh mencari buku harian yang mungkin sesuai dengan seleramu, kemudian tuliskan saja beban yang kamu rasakan. Jangan pedulikan apabila menurutmu tulisanmu tidak bagus, sebab kamu hanya meluapkan segala rasa tidak nyaman yang mengusikmu.

Kamu boleh membacanya kembali jika sudah baik-baik saja, lantas kamu bakal menyadari betapa dirimu sangat tegar. Kamu juga jadi paham, kamu selalu sanggup menghadapi masalah jadi tak takut lagi menghadapi beban di masa mendatang.

2. Merekam suara untuk melampiaskan emosi saat sedang sendirian

Unsplash.com/Shane

Jangan menganggap ide ini konyol, sebab bercerita saat sedang sendirian bagi orang yang sering memendam perasaan sebenarnya juga cukup membantu. Dalam keadaan tenang atau emosi, luapkan saja apa yang kamu rasakan.

Mengeluh sebanyak yang kamu bisa, atau sekalian saja mengumpat jika kamu memang memerlukannya. Rasa sungkanmu akan pergi jika terbiasa dengan cara ini, apalagi kamu cuma sendirian. Yah, walaupun kamu memang perlu memikirkan tempat di mana kamu bisa benar-benar sendiri untuk melakukannya.

Baca Juga: 5 Tips Bersikap Asertif Biar Gak Terus Memendam Perasaan Sendiri

3. Mencoba berbagai wahana ekstrem 

Unsplash.com/lrb22

Banyak sekali wahana menarik yang bisa kamu coba saat merasa terlalu banyak beban tetapi tak bisa mengungkapkannya. Dengan mencoba wahana yang ekstrem, kamu bakal berteriak melampiaskan segala emosi yang mungkin sudah lama kamu tahan.

Kamu bebas melakukannya tanpa takut akan reaksi orang lain, jelas saja kamu bakal merasa lebih lega jika tidak merasa sungkan. Hanya saja, kamu juga harus memastikan kesanggupanmu jika mau mencoba tips ini.

4. Bersenang-senang bersama teman 

pexels.com/ws didin

Tak masalah jika kamu sering memendam bebanmu sendirian, tetapi jangan sampai kamu jadi sosok yang selalu mengurung diri. Carilah teman yang bisa kamu ajak untuk sekadar bersenang-senang, agar dirimu sendiri jadi terhibur dan tak terpuruk sendirian. Bagaimana pun, setiap manusia perlu saling berinteraksi agar tak frustrasi.

Baca Juga: Sulit Membuka Diri, 6 Zodiak Ini Suka Memendam Emosinya Sendiri

Verified Writer

Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya