TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Coba Kegiatan Sosial di Kampus

Daripada kamu rebahan, mending ikut kegiatan sosial

ilustrasi kegiatan sosial (pexels.com/RODNAE Productions)

Ketika memasuki dunia perkuliahan, kamu yang sudah menjadi mahasiswa pastinya menyadari bahwa ternyata ada banyak kegiatan di luar kampus. Salah satu yang bisa kamu ikuti adalah kegiatan sosial yang biasa diadakan oleh komunitas, organisasi, maupun birokrat kampusmu sendiri.

Ada banyak jenis kegiatan sosial yang bisa kamu coba, seperti membagikan sembako murah, memberikan pengajaran kepada anak-anak, membersihkan lingkungan, atau bahkan kamu juga bisa membantu korban bencana alam. Buat yang belum pernah ikut, ini lima alasan mengapa perlu coba kegiatan sosial di kampusmu.

1. Melatih kepekaan sosialmu terhadap masyarakat 

ilustrasi kegiatan sosial (pexels.com/RODNAE Productions)

Sebagai mahasiswa, memang sudah menjadi salah satu peranmu untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat. Satu contoh sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan memabantu orang lain yang ada di sekitarmu melalui kegiatan sosial.

Kamu bisa lebih peka dan sadar terhadap berbagai kejadian dan persoalan yang ada di masyarakat. Melalui kegiatan sosial, pastinya kamu akan belajar memahami kondisi mereka yang sedang mengalami kesulitan. Dengan begitu, kamu akan merasa simpati dan tentu ingin menolongnya.

Baca Juga: 5 Kegiatan Volunteer Ini Latih Jiwa Sosialmu, Mau Coba?

2. Kamu bisa berkenalan dengan teman dari lintas jurusan mauapun fakultas 

ilustrasi berjabat tangan (pexels.com/Fauxels)

Beberapa kegiatan sosial yang ada di kampus biasanya melibatkan banyak mahasiswa. Hal ini bisa menjadi kesempatanmu untuk menambah relasi. Nantinya kamu akan bertemu dengan berbagai mahasiswa dari berbagai jurusan dan fakultas yang juga menjadi relawan sepertimu.

Kamu dapat mencoba berkenalan dan berteman dengan mereka. Dengan begitu lingkup pertemananmu pun menjadi lebih luas lagi. Jadi sembari membantu orang lain, ternyata melalui kegiatan sosial kamu bisa menambah teman juga.

3. Bantuanmu sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan

ilustrasi anak-anak di pengungsian (pexels.com/Tehmasip Khan)

Sesuai namanya, tujuan dari kegiatan sosial adalah agar dapat membantu banyak orang. Misalnyam kegiatan sosial membantu korban bencana alam. Setelah mengalami musibah tentunya mereka perlu uluran bantuan dari orang lain agar bisa bangkit kembali.

Ada banyak yang bisa kamu lakukan seperti pemberian dalam bentuk uang, pakaian, maupun tenaga yang kamu keluarkan. Sekecil apa pun bantuanmu akan sangat membantu mereka yang sedang mengalami kesulitan.

4. Kamu juga dapat mengasah kemampuanmu 

ilustrasi mengajar (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Ternyata kegiatan sosial yang kamu ikuti gak hanya bermanfaat bagi mereka yang kamu bantu, lho. Kamu juga mendapatkan banyak kesempatan untuk melatih kemampuanmu dalam berbicara dan berinteraksi dengan orang yang belum pernah kamu kenal sebelumnya.

Misalnya saja jika kamu mengikuti kegiatan mengajar anak-anak di rumah singgah. Kamu gak hanya membantu mereka agar lebih pintar, tapi juga akan terlatih untuk bisa berbicara dan mengedukasi. Kemampuan public speaking pun akan terasah dengan sendirinya. Ternyata kegiatan sosial juga sangat bermanfaat bagimu, bukan?

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Dapatkan jika Ikut Kegiatan Kepanitiaan di Kampus

Writer

Muhamad Suharjo

Hallo, selamat datang dan selamat membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya