TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sudah Mandi Tapi Kok Masih Bau? Ikuti Langkah Ini Dijamin Auto Wangi

Udah mandi tapi kok baunya masih sama, ya? #IDNTimesLife

ilustrasi mandi (unsplash.com/Cryztalweed Cannabis)

Ada kalanya kamu sudah mandi, namun, bau badan seakan tidak berubah alias sama seperti belum mandi. Bikin lebih sebal lagi ketika ada yang menanyakan, "kamu udah mandi belum, sih?", padahal jelas-jelas kita baru saja keluar dari kamar mandi sambil membawa handuk.

Jika hal seperti itu kerap menimpamu, mungkin saja sejauh ini kamu mandi dengan urutan yang kurang tepat. Mandi sudah menjadi bagian penting dalam hidup yang harus menjadi kebiasaan. Agar mandi kamu lebih efektif dan produk mandi yang kamu gunakan tidak tumpang tindih, kamu harus melakuakan urutan mandi yang sesuai.

Berikut kami sajikan tips urutan mandi yang benar supaya kamu makin segar dan wangi sepanjang hari.

1. Dahulukan sampo

ilustrasi sedang memakai shampo (unsplash.com/Elemen5 Digital)

Hal pertama kamu lakukan saat mandi tentunya membasahi seluruh badan, mulai ujung rambut sampai ujung kaki. Setelah itu, kamu bisa memulai untuk menggunakan produk sampo.

Kamu bisa menggunakan merek shampo apapun sesuai dengan kebutuhanmu. Gunakan sampo ini secara merata dengan waktu yang cukup sesuai tingkat kepanjangan rambut yang kamu miliki.

Sampo ini bertujuan supaya rambut kamu wangi, lembut, dan terhindar dari ketombe. Namun, kamu juga perlu hari-hati ketika membilasnya karena sangat mungkin ada busa yang tertinggal di rambut kamusehingga menjadi cikal bakal pertumbuhan ketombe.

Baca Juga: Berisiko Besar, Hindari Mandi setelah Lakukan 5 Hal Ini

2. Sampo dulu baru sabun mandi. Jangan kebalik!

ilustrasi pakai sabun (xaluan.com)

Setelah beres menyuci rambut, baru kamu bisa melanjutkan prosesi kamu membasuh seluruh badan dengan sabun. Urutan ini penting untuk diperhatikan ketika mandi.

Ketika kamu membasuh badan terlebih dahulu sebelum menyuci rambut, bisa dipastikan badan yang telah bersih ini dan wangi berkat produk sabun yang kamu gunakan ini akan terpapar air bilasan sampo yang kamu lakukan kemudian. Tentunya kamu gak pengen, kan, aroma badanmu jadi tumpang tindih. 

Sampo dan sabun memang biasanya memiliki aroma yang wangi. Tapi jika keduanya bercampur tentu akan menciptakan aroma baru yang kurang sedap.

3. Sehabis urusan badan, lanjut gosok gigi

ilustrasi gosok gigi (unsplash.com/Diana Polekhina

Setelah membilas semua busa sampo dan sabun, kamu bisa segera mengeringkan badan dengan handuk. Lanjutkan dengan menggosok gigi agar terhindar dari bau mulut.

Gosoklah gigi dengan pasta gigi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan gigi kamu. Kamu juga bisa menggunakan produk obat kumur setelah menggosok agar mendapatkan kesegaran ekstra di mulut.

4. Jangan lupa cuci muka

ilustasi cuci muka (unsplash.com/Safia Shakil)

Supaya wajah kamu terlihat lebih segar lagi, kamu bisa menggunakan produk sabun wajah yang tentunya cocok dengan karakter kulit wajah masing-masing. Berusahalah untuk terlebih dahulu mengenali karakter wajah kamu sebelum membeli produk sabun muka, ya! Karena jika keliru, sangat mungkin akan merusak kulit wajahmu hingga menimbulkan jerawat.

Selalu cuci wajah kamu setidaknya dua kali sehari, saat pagi dan sebelum tidur. Kamu bisa melanjutkan perawatan wajah yang lain selepas mencucinya, seperti menggunakan toner, pelembab, atau serum, biar bikin penampilan kamu kian maksimal.

Baca Juga: Suka Mandi Pakai Air Hangat? Ini 5 Efek Bagi Tubuh Berdasarkan Sains 

Writer

Muhammad ADIL ALPARIZI

Saya suka hal belajar hal baru, dan suka berkerja keras. Selagi ada kesempatan saya akan terus mencoba meski harus berhadapan dengan hambatan terbersar. Selain itu saya juga gak suka duren.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya