TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Stop Bad Mood, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Kamu Good Mood Terus!

Yuk semangat lagim jangan lama-lama bad moodnya!

Unsplash.com/HansonLu

Semua orang, tidak setiap saat memiliki mood yang baik dan cocok dengan keadaan yang sedang dihadapi. Terkadang, mood bisa drop dan membuat kita jadi tidak bersemangat dalam melakukan hal apapun. Mood yang tidak menyenangkan ini biasa juga disebut dengan bad mood.

Bad mood atau suasana hati yang buruk, dapat membuat kita kehilangan semangat, gairah, dan cenderung berpikir ke arah yang lebih negatif. Nah untuk mencegah hal itu, kita dapat memperbaikinya agar jadi good mood dengan mood booster. Tapi mood booster seperti apa ya yang efektif perbaiki suasana hati kita? Nih jawabannya!

1. Mendengarkan musik

Unsplash.com/jasonrosewell

Cara yang pertama adalah mendengarkan musik kesukaan. Mendengarkan musik memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan mental kita. Sebuah penelitian dari British Journal of Psychiatry, mengungkapkan bahwa orang yang mengalami depresi dan mendengarkan musik akan lebih cepat sembuh daripada yang hanya melakukan terapi biasa. Hal ini memberi petunjuk bahwa memang musik dapat membangkitkan gairah kita untuk kembali ke performa terbaik.

2. Makan-makanan yang lezat

Unsplash.com/eyeforebony

Mengonsumsi makanan-makanan yang lezat mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik. Seperti memakan, buah, permen, atau cokelat. Terlebih ketika kamu mengonsumsi cokelat di saat kondisi hati sedang tidak baik.

Cokelat, selain rasanya yang lezat, juga mampu meningkatkan mood seseorang lewat hormon endorfin dan serotonin yang terkandung di dalamnya. Tapi ingat, makan dengan porsi yang wajar ya. Karena mengonsumsi cokelat atau makanan lain secara berlebihan itu juga tidak baik.

3. Tidur siang

Unsplash.com/KingaCichewicz

Mungkin di saat kita masih kecil, kita menganggap bahwa tidur siang itu tidak menyenangkan dan merepotkan. Tapi, setelah kita dewasa kini, baru kita akan sadar betapa nikmatnya tidur siang. Selain memperbaiki stamina tubuh, tidur siang juga dapat meningkatkan mood kita yang sedang buruk-buruknya.

Bahkan penelitian dari The National Sleep Foundation, mengungkapkan bahwa tidur siang setidaknya 20-30 menit bagi orang dewasa dapat meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, dan semangat.

4. Berkumpul dengan orang yang dicintai

Unsplash.com/philcoffman

Kamu memerlukan waktu untuk berada di antara orang-orang yang kamu cintai. Berbincang dengan mereka adalah sebuah hal kecil yang sangat berharga buat kamu. Tanpa kamu sadari, mengobrol dengan keluarga, kekasih atau orang tersayang lainnya, dapat memperbaiki suasana hati kamu. Sebab, kamu dapat mengungkapkan apapun keluh kesah kamu kepada mereka, dengan begitu kamu akan merasa lega dan lebih lepas. Tidak perlu mengkhawatirkan hal yang disembunyikan.

Verified Writer

Muhammad Imam Maulana

Based on my perspective

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya