TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Overthinking Bisa Menghambat Kebahagiaan

Kamu pernah overthinking nggak, nih?

ilustrasi overthinking (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Terkadang kita sering overthinking tentang suatu masalah. Kamu memikirkannya secara berlarut-larut. Bahkan sampai menghambat aktivitas keseharianmu. Banyak urusan penting berakhir terbengkalai.

Tanpa disadari, overthinking ternyata bisa menghambat kebahagiaan. Sudah seharusnya kita bisa membebaskan diri dari kebiasaan overthinking. Inilah alasan overthinking bisa menghambat kebahagiaan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Menghambat Kamu Menemukan Kebahagiaan yang Sesungguhnya

1. Akibat overthinking banyak urusan penting terbengkalai 

ilustrasi overthinking (pexels.com/Athena)

Mungkin kamu sudah akrab dengan yang namanya overthinking. Setiap permasalahan dipikirkan mendalam sampai-sampai membuatmu terpuruk. Pada akhirnya, banyak urusan terbengkalai di tengah jalan.

Inilah yang menjadi alasan overthinking bisa menghambat kebahagiaan. Semakin kamu overthinking, semakin banyak tugas dan pekerjaan yang mangkrak. Semua kegiatanmu jadi tak beraturan.

Baca Juga: 5 Alasan Overthinking Gak Baik untuk Hubungan, Memicu Sedih!

2. Kamu diliputi rasa cemas sepanjang waktu 

ilustrasi overthinking (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Overthinking menjadi fenomena yang menjamur di kalangan generasi muda. Mereka memikirkan suatu permasalahan berlarut-larut. Tidak jarang kecemasan turut menyertai.

Sebenarnya ini menjadi alasan mengapa overthinking bisa menghambat kebahagiaan. Perasaan cemas yang berlarut bikin kamu tidak tenang hidup. Kamu memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi ke depannya.

3. Akibat overthinking, permasalahan yang tadinya sepele jadi terlihat rumit 

ilustrasi overthinking (pexels.com/Timur Weber)

Bisa dipastikan hampir semua orang tidak ingin menghadapi permasalahan. Apalagi jika yang kamu hadapi menguras energi, waktu, dan pikiran. Rasanya sungguh lelah memikirkan hal tersebut.

Menyikapi permasalahan dengan cara seperti ini merupakan bentuk overthinking. Akibatnya hidup tidak bisa bahagia. Overthinking membuat permasalahan yang tadinya sepele jadi terlihat rumit dan menakutkan.

4. Hari-hari yang kamu jalani terasa lebih berat 

ilustrasi overthinking (pexels.com/Sam Lion)

Memikirkan permasalahan bukan tindakan yang salah. Meskipun begitu, kamu harus bisa mengontrol pikiran tersebut agar tidak mendominasi diri. Jangan sampai ketegaranmu dikalahkan oleh overthinking.

Overthinking bisa menghambat kebahagiaan. Saat pikiranmu kalut, hari-hari yang dijalani terasa lebih berat. Kamu tidak bisa berpikir jernih ketika hendak mengambil keputusan. Kamu merasa hidup penuh dengan beban.

Baca Juga: 5 Alasan Nonton Drama Blind, Plot Mind Blowing Bikin Overthinking

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya