TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiat Menerapkan Self Forgiveness, Terima Diri Seutuhnya!

Hargai apa yang ada dalam dirimu 

ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Matej Cerkez)

Istilah self forgiveness tentu pernah kamu jumpai. Perlu diketahui, self forgiveness sendiri merupakan upaya untuk berusaha memaafkan diri seutuhnya. Meskipun begitu, ini juga tidak mudah untuk diterapkan, lho.

Tidak jarang kamu merasa berat bahkan hanya untuk melepaspkan pengelaman buruk yang sudah berlalu. Jika kamu sedang mengalami hal tersebut, berikut lima kiat yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan self forgiveness

1. Apresiasi seluruh upaya yang sudah dilakukan oleh dirimu 

ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Dalam setiap kesempatan, kita pasti pernah mengupayakan yang terbaik. Namun, adakalanya situasi berjalan tidak seperti yang diharapkan. Seringkali hal tersebut membuat kita susah memaafkan diri sendiri.

Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Salah satu kiat yang perlu diterapkan untuk self forgiveness yaitu dengan mengapresiasi seluruh upaya yang kamu lakukan. Kamu sudah berusaha dengan maksimal.

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Belum Memiliki Self Forgiveness, Sering Terpuruk! 

2. Terima pengalaman buruk yang sudah berlalu 

ilustrasi merenung (pexels.com/Budgeron Bach)

Masing-masing individu pasti pernah memiliki pengalaman masa lalu. Namun sayangnya, pengalaman buruk yang pernah dialami sering memberatkan diri kita sendiri. Akibatnya, kita merasa susah bahkan untuk memaafkan diri sendiri.

Mengalami hal tersebut, salah satu kiat yang bisa kamu terapkan yaitu dengan menerima pengalaman buruk yang ada. Bagaimanapun juga, nasih sudah menjadi bubur. Daripada terus meratapi, lebih baik kamu berkomitmen penuh untuk tidak mengulangi lagi ke depannya.

3. Kenali diri dengan baik 

ilustrasi berkaca (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memaafkan diri sendiri adalah sebuah keharusan. Namun, pada faktanya banyak orang belum mampu melakukan hal tersebut. Alih-alih memaafkan, kamu justru menghakimi diri secara berlebihan.

Jika kamu sedang mengalami hal tersebut, salah satu kiat yang perlu diterapkan adalah dengan mengenali diri sendiri sebaik mungkin. Dengan demikian, kamu lebih bisa memaafkan serta mencintai diri sendiri.

4. Lepaskan dendam 

ilustrasi merenung (pexels.com/Cottonbro)

Beragam pengalaman buruk yang terjadi di masa lalu sering menimbulkan dendam. Jika kita membahas dendam, itu tidak hanya terjadi pada orang lain. Namun bisa jadi dendam itu tertuju pada diri sendiri.

Padahal self forgiveness itu penting, lho. Lantas, apa yang harus dilakukan? salah satunya adalah melepas dendam. Pengalaman buruk hanyalah sebagian dari perjalanan hidup. Membenci diri sendiri secara berlebihan tidak akan membuat semuanya kembali membaik.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memiliki Kebiasaan Self Serving Bias

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya