Comscore Tracker

5 Bukti Kamu Belum Memiliki Self Forgiveness, Sering Terpuruk! 

Sering merasa lemah dan tidak berharga 

Pernahkah kamu mendengar apa itu self forgiveness? Perlu diketahui, self forgiveness sendiri merupakan sikap memaafkan diri atas suatu kesalahan atau kegagalan yang pernah terjadi.

Tapi pada kenyataannya, masih banyak orang yang belum mampu melakukan hal tersebut. Lantas, apa sajakah bukti yang menunjukkan bahwa kamu masih belum memiliki self forgiveness yang baik? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menghakimi diri secara berlebihan 

5 Bukti Kamu Belum Memiliki Self Forgiveness, Sering Terpuruk! ilustrasi terpuruk (pexels.com/Polina Zimmerman)

Kesalahan sudah pasti pernah kita perbuat. Baik itu kesalahan yang sengaja maupun yang tidak disengaja. Menyikapi suatu kesalahan sudah keharusan bagi kita untuk menyesal dan berkomitmen tidak akan mengulangi lagi ke depannya.

Lantas, bagaimana dengan sikap menghakimi diri secara berlebihan? Ini merupakan bukti kamu belum memiliki self forgiveness yang baik. Menyalahkan diri sendiri berlebihan justru semakin memperburuk keadaan.

2. Menganggap dirimu adalah penyebab utama kekacauan 

5 Bukti Kamu Belum Memiliki Self Forgiveness, Sering Terpuruk! ilustrasi terpuruk (pexels.com/Cottonbro)

Siapa, sih yang mau jika dihadapkan dengan kekacauan? Setiap dari kita bisa dipastikan akan menolaknya habis-habisan. Namun demikian, seringkali situasi seperti ini terjadi dan tidak dapat dihindarkan.

Selalu menganggap diri sebagai penyebab kekacauan ternyata merupakan bukti kamu masih belum memiliki self forgiveness, lho. Perilaku seperti ini hanya akan membuat kondisi mental semakin tidak stabil. Kekacauan akan semakin bertambah parah.

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Memiliki Self Control yang Rendah, Masih Suka Boros?

3. Berlarut-larut dalam kekecewaan 

5 Bukti Kamu Belum Memiliki Self Forgiveness, Sering Terpuruk! ilustrasi terpuruk (pexels.com/Leah Kelley)

Kekecewaan merupakan salah satu perasaan yang pasti pernah dialami oleh seseorang. Ada beragam penyebab mengapa seseorang kecewa. Entah itu akibat kegagalan maupun menjumpai sesuatu yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Namun demikian, ini bukan berarti kamu bisa larut dalam kekecewaan, lho. Perlu diketahui, sering larut dalam kekecewaan merupakan bukti kamu masih belum memiliki self forgiveness yang baik. Memilih tenggelam dalam kekecewaan tidak akan membuat semuanya membaik.

4. Merasa tidak berharga 

5 Bukti Kamu Belum Memiliki Self Forgiveness, Sering Terpuruk! ilustrasi terpuruk (pexels.com/Dids)

Diri sendiri memang perlu dihargai. Kalimat seperti ini rasanya sudah terlampau sering didengar. Tapi pada faktanya, tidak semua orang benar-benar memahami akan hal tersebut. Masih ada sebagian orang yang sering merasa dirinya tidak berharga.

Sikap merasa tidak berharga seperti ini ternyata turut menjadi bukti bahwa kamu belum memiliki self forgiveness, lho. Padahal selayaknya orang lain, dirimu sendiri juga berhak dihargai dan juga diperhatikan.

5. Menolak untuk berkembang menjadi yang lebih baik 

5 Bukti Kamu Belum Memiliki Self Forgiveness, Sering Terpuruk! ilustrasi terpuruk (pexels.com/Engin Akyurt)

Hidup adalah perubahan berkelanjutan. Sudah seharusnya kita berusaha memperbaiki diri dari waktu ke waktu. Ini penting agar bisa tumbuh dan berkembang menjadi sosok individu yang lebih baik lagi ke depannya.

Namun pada kenyataannya, tidak semua orang mengerti akan hal tersebut. Padahal menolak untuk berkembang adalah salah satu bukti kamu belum memiliki self forgiveness yang baik. Kamu menganggap dirimu tidak pantas untuk memperjuangkan dan memperoleh yang terbaik.

Self forgiveness penting untuk dirimu yang lebih baik lagi ke depannya. Dari lima bukti di atas, kira-kira apakah masih ada yang melekat dalam dirimu?

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memiliki Self Harm, Dorongan untuk Melukai Diri

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya