TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pentingnya Memberi Ruang pada Diri Sendiri, Cegah Frustasi!

Sesekali kamu butuh kebebasan untuk menikmati hidup  

ilustrasi perempuan berbaju merah (pexels.com/Leonardo Cardozo...)

Pernahkah kamu berpikir jika diri sendiri itu perlu diperhatikan? Bagi sebagian orang, memperhatikan apa yang menjadi kemauan diri mungkin terlihat seperti egois. Tidak jarang ada yang memforsir diri untuk bekerja secara berlebihan dan mengabaikan fisik maupun mental walaupun sebenarnya sudah sangat lelah.

Padahal diri sendiri itu juga perlu diperhatikan, lho. Perlu diingat, memberi ruang pada diri sendiri itu tidak sama dengan berperilaku egois. Jika kamu masih ragu dengan hal tersebut, berikut ini lima alasan yang perlu diresapi mengapa kamu harus memberi ruang pada diri sendiri.

1. Hati kecilmu perlu didengarkan

ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjalani rutinitas pekerjaan yang tidak pernah tuntas, menuruti ekspektasi orang lain yang tidak akan ada habisnya, tentu hati kecilmu pernah berbisik. Mungkin dalam pandangan orang lain kamu terlihat seperti pribadi yang tegar dan kuat, tapi sebenarnya kamu pasti pernah mengeluh pada diri sendiri.

Jika kamu sedang berada dalam situasi tersebut, jangan sungkan menuruti apa yang diinginkan diri sendiri. Sesekali kamu perlu mendengarkan dan menuruti apa yang menjadi kemauan hati kecilmu. Mungkin terlihat sepele, tapi memberi ruang pada diri sendiri dengan cara menuruti keinginan hati kecil akan membuat hidupmu lebih bahagia.

3. Memforsir diri hanya akan membuatmu tidak bahagia menjalani hidup

ilustrasi wanita berkacamata (pexels.com/ali Pazani)

Tentu kita sudah tidak asing dengan banyaknya orang yang memforsir diri berlebihan ketika bekerja. Tidak jarang ini disalahartikan sebagai kerja keras. Selain mengabaikan waktu istirahat, mereka juga berusaha menekan diri sendiri bahkan sampai di luar batas kemampuan.

Padahal ini bukan perilaku yang tepat, lho. Memforsir diri secara berlebihan sama saja dengan menyiksa diri sendiri. Padahal dirimu juga perlu diperhatikan dan diberi ruang untuk berekspresi. Ketika merasa tidak sanggup, katakan yang sejujurnya. Begitu pun ketika sudah lelah, jangan sungkan mengambil waktu untuk beristirahat.

Baca Juga: 5 Sikap Ini akan Membuat Hidupmu Mudah Disetir Orang Lain, Hati-hati!

3. Kamu punya kebebasan dengan hidupmu

ilustrasi membawa selembar kertas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang punyak hak dan kebebasan masing-masing dalam menjalani hidupnya. Namun demikian, pada kenyataannya masih ada orang-orang yang hidupnya penuh dengan tekanan. Alih-alih menjalani hidup dengan bahagia, mereka justru terkekang oleh tuntutan orang-orang di sekitar.

Salah satu alasan mengapa kamu harus memberi ruang pada diri sendiri yaitu terkait kebebasan hidup. Kamu adalah dirimu sendiri, bukan orang lain. Mereka hanya mampu memandang dari satu sisi dan berkomentar, sedangkan yang menjalani adalah dirimu. Mengingat hal tersebut, berilah kebebasan pada diri sendiri untuk menentukan apa yang terbaik buatmu.

4. Terus membatasi diri berdasarkan ekspektasi orang lain hanya akan membuatmu frustasi

ilustrasi gadis muda sengan setelan biru (pexels.com/Pixabay)

Membahas ekspektasi orang memang tidak ada ujungnya. Bisa jadi kamu sudah melakukan seperti apa yang diinginkan satu orang. Namun ternyata orang lain memiliki pendapat dan tuntutan yang berbeda atas dirimu. Sempurna di mata satu orang belum tentu juga akan sempurna dalam pandangan orang yang lainnya.

Percayalah, membatasi diri hanya berdasarkan tuntutan dan ekspektasi orang lain hanya akan membuatmu terbebani bahkan bisa berujung frustasi. Daripada menuruti apa yang menjadi ekspektasi orang lain, lebih baik kamu memberi ruang pada diri sendiri untuk menentukan keputusan dan langkah terbaik.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Menikmati Hidup, Kenapa Harus Ribet?

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya