Comscore Tracker

5 Sikap Ini akan Membuat Hidupmu Mudah Disetir Orang Lain, Hati-hati!

Jangan lembek sama diri sendiri 

Salah satu modal untuk menjadi orang yang mandiri dan tenang adalah memiliki pendirian atau prinsip yang kuat. Sebab, kalau tidak punya pendirian, kita akan menjadi orang yang nurut-nurut aja dan mudah terombang-ambing oleh perkataan orang lain.

Sikap yang tidak tegas itu akan mempermudah orang lain untuk mengatur-ngatur kehidupanmu. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat memberi celah orang lain untuk menyetir dan menguasai hidupmu, seperti lima sikap berikut ini.

1. Sering berbohong kepada diri sendiri

5 Sikap Ini akan Membuat Hidupmu Mudah Disetir Orang Lain, Hati-hati!ilustrasi orang menutupi kesedihan (pexels.com/Anna Shvets)

Setiap orang memiliki kebebasan memilih untuk melakukan apa pun yang disukai dan berhak menolak melakukan sesuatu yang membuat tidak nyaman. Namun, tanpa disadari kita sering membohongi diri sendiri dengan mengikuti semua hal yang diminta orang lain padahal dalam hati tidak sreg untuk melakukannya.

Itulah tanda bahwa selama ini hidup kamu mudah disetir orang karena selalu mengiyakan dan menyetujui keinginan orang lain. Untuk itu, agar tidak mudah terjebak omongan orang, kamu harus memiliki keyakinan dan berani bilang tidak terkait apa pun yang tidak kamu sukai.

2. Selalu ingin menyenangkan orang lain

5 Sikap Ini akan Membuat Hidupmu Mudah Disetir Orang Lain, Hati-hati!ilustrasi karyawan saling tertawa (pexels.com/Yan Krukov)

Salah satu hal yang perlu diingat ketika ingin menyenangkan orang lain adalah harus tahu batas-batasnya, apakah akan merugikan dirimu sendiri atau tidak. Sebab, apabila orientasimu adalah kebahagiaan orang lain nantinya kamu akan mengabaikan kepentingan diri sendiri.

Selain itu, kamu juga akan menyakiti diri sendiri dengan terus memprioritaskan kepentingan orang lain. Jadi, jangan sampai kamu mengorbankan kebahagiaan diri sendiri demi orang lain, ingatlah bahwa kamu juga butuh bahagia.

Baca Juga: 5 Alasan Orang Senang Melempar Masalahnya pada Orang Lain

3. Terlalu mudah diatur

5 Sikap Ini akan Membuat Hidupmu Mudah Disetir Orang Lain, Hati-hati!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Anthony Shkraba)

Dalam segala situasi setiap orang memiliki cara ataupun sikap masing-masing untuk menyelesaikan berbagai hal yang terjadi di hidupnya. Dengan begitu yang bisa mengatur dan mengontrol hidup kita hanyalah diri sendiri bukan orang lain.

Oleh sebab itu, jangan mau diatur-atur orang lain dan jangan biarkan orang lain mencampuri kehidupan privasimu. Kamu sangat boleh bersikap tegas dan berpendapat saat orang ingin mengatur kehidupanmu. Sebab, kalau hanya diam saja nantinya kamu akan mudah diatur dan dimanfaatkan orang lain.

4. Selalu takut salah

5 Sikap Ini akan Membuat Hidupmu Mudah Disetir Orang Lain, Hati-hati!ilustrasi sedih (pexels.com/Polina Zimmerman)

Berbagai hal yang kita lakukan tidak akan lepas dari komentar dari orang-orang di sekeliling kita, baik itu positif ataupun negatif. Namun, baik buruknya komentar itu tergantung bagaimana cara kita dalam menyikapinya.

Apabila kamu terlalu memikirkan pendapat orang lain akan membuatmu merasa takut untuk dinilai dan dikomentari. Padahal kita tidak bisa mengendalikan orang lain agar memiliki penilaian yang baik.

Untuk itu, jangan fokus dengan berbagai komentar dan jangan takut salah di mata orang lain karena kamu berhak melakukan apa pun yang kamu sukai.

5. Sulit mengambil keputusan

5 Sikap Ini akan Membuat Hidupmu Mudah Disetir Orang Lain, Hati-hati!ilustrasi bimbang (unplash.com/Magnet.me)

Ketika dihadapkan dengan pilihan mudah sekalipun, kamu tidak menyadari bahwa selama ini menggantungkan keputusan orang lain. Saking terlalu sering melibatkan orang lain, kamu jadi sulit memutuskan hal-hal kecil, seperti bimbang ingin makan apa.

Dari pilihan kecil itu saja kamu sulit untuk memutuskan, apalagi ketika menghadapi keputusan besar. Akhirnya, kamu menjadi orang yang tidak tahu apa yang terbaik untuk dirimu sendiri, karena kamu hanya mengandalkan keputusan yang diambil orang lain.

Setiap orang harus punya prinsip hidup dan bisa bersikap tegas kepada diri sendiri. Dengan begitu orang lain tidak memiliki celah untuk mengatur ataupun mencampuri urusanmu.

Baca Juga: 5 Etiket Menasehati Teman, Jangan Melakukannya di Depan Orang Lain

Murniawati Photo Verified Writer Murniawati

nothing is impossible if you keep trying.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya