TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sebab Kamu Tidak Pernah Bisa Menemukan Kenyamanan Hidup

Mulai sekarang koreksi apa yang salah pada dirimu

ilustrasi tidak merasa nyaman (pexels.com/Sebastiaan stam)

Siapa yang tidak ingin menemukan hidup nyaman dan damai? Bisa dipastikan semua orang menginginkannya. Tapi tidak semua mampu menemukan hal tersebut. Beberapa dari kamu bisa jadi tidak pernah bisa merasakan kenyamanan.

Alih-alih tenang, kamu justru tertekan sepanjang waktu. Hidup terasa penuh beban dan masalah. Jika dalam hidup kamu tidak pernah bisa menemukan kenyamanan, saatnya mengoreksi apa yang terjadi. Siapa tahu disebabkan lima hal di bawah ini.

1. Kamu tidak pernah mengenal rasa syukur 

ilustrasi tidak merasa nyaman (pexels.com/Gabriela Palai)

Rasa syukur sudah selayaknya dipanjatkan. Seseorang yang bersyukur akan bertambah kenikmatannya. Tapi kadang kamu lupa akan hal tersebut. Dengan alasan belum memiliki segalanya, kamu enggan menerapkan rasa syukur.

Perilaku seperti ini bikin kamu tidak pernah mengenal kenyamanan hidup. Akibat tidak tahu rasa syukur, kamu selalu kurang dan kurang. Sebanyak apapun nikmat, tidak pernah cukup untuk memenuhi keinginan.

Baca Juga: 5 Sisi Positif saat Kamu Mampu Berdamai dengan Ketidaknyamanan Hidup

2. Kamu membebani diri dengan tuntutan yang tidak seharusnya 

ilustrasi tidak merasa nyaman (pexels.com/Ivan samkov)

Memiliki ambisi dan cita-cita bisa bikin kamu termotivasi. Namun yang sering dilupakan, seseorang malah menetapkan ambisi tidak terukur. Lebih parahnya lagi, kamu mengharuskan semua ambisi tercapai apapun caranya.

Di sinilah ambisi bisa berbalik membawa dampak negatif. Akibatnya kamu tidak pernah menemukan kenyamanan hidup. Kamu terkekang oleh ambisi tidak realistis yang menanti untuk diwujudkan.

3. Selalu memikirkan omongan orang lain 

ilustrasi tidak merasa nyaman (pexels.com/Alena Darmel)

Perkataan orang lain bermacam-macam. Beberapa orang bisa mengendalikan pembicaraannya sehingga mengucapkan kalimat yang baik. Sedangkan yang lain berbicara sesuka hati, bahkan sering menyinggung perasaan sesama.

Semua keputusan ada di tanganmu. Apakah mendengarkan dan memasukkan ke hati, atau membiarkan perkataan buruk begitu saja. Selalu memikirkan omongan orang lain bikin kamu tidak nyaman menjalani hidup. Apapun tindakanmu selalu dipandang salah sehingga dirimu tidak berani melangkah.

4. Mungkin juga kamu suka membesar-besarkan masalah 

ilustrasi tidak merasa nyaman (pexels.com/Cottonbro studio)

Beragam masalah kerap muncul menyertai lika-liku kehidupan. Dibutuhkan kebijaksanaan bersikap saat kamu berhadapan dengan masalah. Tapi kadang kamu suka membesar membesarkan masalah yang sebenarnya sepele.

Memiliki kebiasaan satu ini, kamu tidak akan pernah merasakan kenyamanan hidup. Masalah yang dibesar-besarkan turut memenuhi pikiran. Termasuk memicu prasangka buruk. Kamu tidak pernah memiliki ketenangan hati.

Baca Juga: Relakan, 6 Ketidaknyamanan Hidup yang Ternyata Mampu Mendewasakan

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya