TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Kamu Terjebak dalam Lingkungan Drama Queen 

Gemar membesar-besarkan suatu masalah 

ilustrasi suasana pesta (pexels.com/Cottonbro)

Lingkungan memang beragam, begitupun dengan karakter orang-orang di dalamnya. Ini sejalan dengan nasihat pepatah bahwa lain ladang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya. Meskipun begitu, kita juga harus mampu bersikap bijak terutama ketika sedang berada dalam lingkungan yang kurang baik.

Salah satu lingkungan yang cukup menjadi tantangan tersendiri yaitu ketika kamu terjebak di antara orang-orang drama queen. Drama queen sendiri merupakan sebutan bagi sosok orang yang suka mendramatisir suatu keadaan. Kira-kira apa saja tanda bahwa kamu sedang terjebak dalam lingkungan drama queen? Berikut lima di antaranya.

1. Dikelilingi orang-orang suka bergosip 

ilustrasi bergosip (pexels.com/Keira Burton)

Bergosip rupanya menjadi budaya yang sudah mengakar cukup kuat di masyarakat. Dari permasalahan sepele sampai serius, ada saja hal-hal yang selalu dijadikan bahan gosip. Entah yang dibicarakan benar atau tidak, itu urusan belakangan.

Dikelilingi oleh orang-orang yang hobi bergosip merupakan salah satu di antara tanda yang menunjukkan bahwa kamu sedang terjebak dalam lingkungan drama queen. Mereka yang hobi bergosip akan cenderung mendramatisir keburukan orang lain sehingga bisa dijadikan topik pembicaraan.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Orang yang Drama Queen, Cenderung Dihindari

2. Orang-orang di sekelilingmu gemar membesar-suatu masalah 

ilustrasi pekerja kantor (pexels.com/Thirdman)

Pernahkah kamu melihat tipe orang yang hobi membesar-besarkan suatu masalah? Apa yang mudah dibikin rumit sehingga permasalahan justru merembet kemana-mana. Bahkan tidak jarang membuat banyak orang turut terlibat.

Dikepung oleh orang-orang yang gemar membesar-besarkan suatu masalah merupakan salah satu di antara tanda bahwa kamu sedang berada dalam lingkaran drama queen. Padahal apa yang dipermasalahkan bukanlah masalah rumit. Seringkali itu justru berasal dari masalah sepele yang dilebih-lebihkan.

3. Adanya budaya ikut campur berlebihan terhadap urusan orang lain 

ilustrasi suasana makan malam (pexels.com/Nicole Michalou)

Batasan privasi memang menjadi hal yang penting untuk di perhatikan. Namun, jika kita mengamati lingkungan sekitar, ini sepertinya masih dipandang sebelah mata. Masih banyak orang yang ingin tahu urusan orang lain secara berlebihan.

Ini menjadi salah satu tanda yang menunjukkan bahwa kamu sedang terjebak dalam lingkungan orang-orang drama queen, lho. Urusan yang seharusnya menjadi ranah privasi justru di dramatisir dan disebarluaskan. Berada dalam lingkungan seperti ini, tentu kamu harus ekstra hati-hati.

4. Sering membanding-bandingkan 

ilustrasi bergosip (pexels.com/Ron Lach)

Sikap saling membanding-bandingkan bukanlah suatu hal yang bijak. Meskipun begitu, banyak orang yang menganggap kebiasaan buruk ini sebagai hal yang lumrah. Padahal setiap orang sudah dianugerahi kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Perilaku sering membanding-bandingkan orang lain termasuk salah satu di antara tanda yang menunjukkan bahwa kamu tengah terjebak dalam lingkungan drama queen. Orang yang hobi membanding-bandingkan seringkali mendramatisir suatu kelemahan seseorang agar apa yang menurutnya unggul tidak kalah tersaingi.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Mengurangi Sikap Mendramatisir Masalah dalam Hubungan

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya