TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Supaya Kamu Gak Mudah Iri Hati dengan Orang Lain 

Katakan setop pada jeles mulai sekarang

ilustrasi bergosip (pexels.com/keira-burton)

Sifat iri hati memang bukanlah sesuatu yang layak untuk dipertahankan. Dampak negatif dari memiliki sifat iri hati bisa membuatmu sangat sulit untuk bersyukur dalam hidup. Meski begitu, normal jika kamu kadang merasakan kecemburuan atau rasa iri karena sesuatu hal.

Terutama jika orang lain mendapatkan apa yang kamu inginkan. Secara gak langsung pasti terbersit di dalam hati ‘kenapa bukan aku?’. Yuk, coba terapkan lima tips supaya kamu gak mudah iri hati dengan orang lain.

Baca Juga: 6 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Iri Hati, Santai Saja!

1. Ubah kembali orientasi menjadi rasa syukur 

ilustrasi hidup bebas tanpa beban (unsplash.com/nathan_mcb)

Terdengar klise, namun bisa sangat berpengaruh dalam kehidupanmu. Dikarenakan rasa syukur memegang pernan penting dalam meningkatkan kesadaran diri. Terutama ketika kamu harus menghadapi situasi yang tak menyenangkan.

Seperti halnya menyaksikan pencapaian atau keberhasilan orang lain. Yang mana bisa jadi itu hal yang sangat kamu idamkan. Dengan rasa syukur kamu akan lebih menyadari kemampuan diri dan tak iri melihat orang lain.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana agar Gak Gampang Iri Melihat Pencapaian Orang Lain

2. Kurangi frekuensi membandingkan diri dengan orang lain 

ilustrasi dampak penggunaan media sosial (unsplash.com/beccatapert)

Tak ada manfaat yang bisa kamu dapatkan dari pandangan negatif terhadap orang lain. Jika kamu melihat pencapaian orang lain dengan rasa iri, maka kamu hanya akan terlihat gagal dua kali. Sebaliknya, jika kamu menjadikan kesuksesan orang lain sebagai motivasi, itu bisa jadi akan lebih memberi dampak positif untukmu.

Terkadang, kamu hanya perlu lebih fokus pada diri sendiri, lupakan tentang orang lain. Kebanyakan membandingkan diri akan membuatmu lupa banyak hal yang sudah kamu dapatkan.

3. Beri pemisah terhadap personal individunya

ilustrasi partner kerja (unsplash.com/medienstuermer)

Saat kamu terlalu iri atau benci dengan orang lain, kamu mungkin akan menjadi ambigu. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus bisa membedakan antara personal individu atau hal yang melekat padanya.

Pastikan apa yang sebenarnya tidak kamu suka, apakah orang tersebut seutuhnya atau apa yang orang tersebut dapatkan. Terdapat perbedaan antara keduanya dan cari cara untuk menutup celah rasa iri tersebut.

Baca Juga: 5 Kerugian Jika Gak Segera Atasi Rasa Iri Hati, Gak Fokus!

4. Pikirkan hubungan dengan orang yang memengaruhimu 

ilustrasi kumpul bareng teman (pexels.com/elevate)

Memang tak mudah untuk menghindari sepenuhnya orang yang bisa sangat memengaruhimu. Akan tetapi, kamu tetap bisa memberi jarak yang disengaja untuk membantumu lebih bisa mengendalikan diri.

Saat kamu tahu penyebab rasa frustasi dan rasa iri datang dari siapa, maka coba untuk hindari. Jangan terlalu banyak berinteraksi dengan orang tersebut. Kamu bisa menjaga jarak karena itu lebih baik daripada selalu merasa terintimidasi.

Baca Juga: 6 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Iri Hati, Santai Saja!

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya