TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Sedekah Selama Ramadan yang Bisa Dilakukan Saat COVID-19

#RamadanDiRumah Perbanyak amalan dengan berbagi, ya!

thesouthafrican.com

Berbeda dengan Ramadan tahun lalu, umat muslim saat ini menjalankan ibadah puasa di tengah wabah COVID-19. Dampak dari wabah ini mempengaruhi ekonomi, keuangan dan cara ibadah yang dilakukan selama bulan suci ini. Meskipun begitu, amalan-amalan penting harus tetap dilakukan agar mendapat keberkahan.

Melalui sedekah, semua orang dilatih untuk saling berbagi dan peduli terhadap orang lain. Ada beberapa cara sedekah yang bisa dilakukan di tengah wabah virus corona yang masih berlangsung. Berikut beberapa cara sedekah yang perlu dicoba oleh semua umat muslim. 

1. Berbagi sembako

pexel.com/Mentatdgt

Wabah COVID-19 yang memperburuk perekonomian semakin mempersulit masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebagian dari buruh, karyawan dan pegawai lainnya harus terkena PHK dan mengalami kesulitan keuangan selama Ramadan tahun ini. Bagi seseorang yang dilebihkan rezekinya, maka perlu membantu melalui pembagian sembako untuk masyarakat kurang mampu.

Baca Juga: Komunitas Warung Sedekah Makassar, Menebar Kebaikan dari Donasi Warga

2. Memberi masker secara gratis

Pexels.com/Gustavo Fring

Pedagang-pedagang keliling yang tidak begitu peduli terhadap kesehatannya bisa diberikan masker gratis sambil diedukasi dengan baik. Adapun warga kurang mampu yang tidak bisa membeli masker perlu mendapatkan jatah dalam sedekah masker tersebut. Usahakan pembagian masker yang dilakukan tepat pada sasaran. 

3. Berbagi masakan sahur dan buka

pexels.com/Mentatdgt

Untuk menjangkau pedagang-pedagang kecil dan orang- orang jalanan, ajak temanmu untuk ikut berdonasi dalam membagikan makanan selama bulan Ramadan. Meskipun puasa kali ini sangat berbeda, namun amalanmu tidak boleh berkurang dan tetap banyak-banyak bersedekah. 

4. Sedekah uang untuk warga miskin

Pixabay.com/Sahinsezerdincer

Semua orang harus lebih peduli terhadap nasib orang-orang kurang mampu di luar sana yang membutuhkan uluran tangan. Meskipun sedekah uangmu tidak terlalu besar, namun ini sangat berarti bagi warga yang membutuhkan. Kamu juga bisa ikut berdonasi di komunitas atau organisasi yang bergerak di bidang sosial.

Baca Juga: 6 Tata Cara Bersedekah saat Ramadan, Biar Makin Berkah

Verified Writer

Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya