Comscore Tracker

6 Tata Cara Bersedekah saat Ramadan, Biar Makin Berkah

#RamadanMasaKini Gak harus berupa uang lho!

Selain membaca Alquran, bersedekah terhadap sesama saat Ramadan sangat dianjurkan sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang Allah berikan selama ini.

Nah, biar apa yang kamu sedekahkan diridhai Allah dan mendapat balasan pahala berlipat ganda di bulan Ramadan ini, kamu perlu memahami 6 tata cara bersedekah sesuai dengan ajaran Islam. Yuk, simak bareng.

1. Awali dengan niat yang ikhlas dan hanya untuk mengharap ridha Allah

6 Tata Cara Bersedekah saat Ramadan, Biar Makin Berkahpexels.com/rawpixel.com

Dalam hal apa pun, niat yang baik adalah langkah paling penting dan utama sebelum seseorang melakukan suatu perbuatan. Termasuk juga dalam sedekah, jadi alangkah baiknya jika kamu mengawalinya dengan niat yang ikhlas dan hanya mengharap ridha Allah semata.

Dan perlu dipahami, jangan menunggu ikhlas baru bersedekah, tapi teruslah berlatih agar terbiasa sedekah meski terkadang masih timbul rasa berat hati dan ingin dipuji orang lain. Karena ikhlas justru hanya bisa tumbuh dalam hatimu saat kamu mulai terbiasa bersedekah.

2. Gak selalu materi, kamu bisa sedekah dalam bentuk apa pun yang kamu punya dan bermanfaat bagi orang lain

6 Tata Cara Bersedekah saat Ramadan, Biar Makin Berkahunsplash.com/Larm Rmah

Mayoritas manusia memang lebih mengenal sedekah sebagai hal yang identik dengan harta, sandang dan pangan. Tapi nyatanya, tenaga, senyuman maupun berbagai hal lainnya juga bisa disebut sedekah karena mampu memberi manfaat bagi siapa pun yang membutuhkan.

Dengan begitu, kamu bebas untuk membiasakan bersedekah dalam bentuk mana pun yang sekiranya kamu miliki serta bermanfaat bagi orang lain. Misalnya saat momen Ramadan ini, membantu menyiapkan dan membagikan takjil di masjid atau pinggir jalan juga disebut sedekah dalam bentuk tenaga sekalipun tidak ikut membantu dalam hal biaya untuk membuat takjil.

Baca Juga: 5 Manfaat Sedekah di Bulan Ramadan, Yuk Bersedekah!

3. Kamu bisa bersedekah sesuai yang kamu mampu, baik jumlahnya sedikit atau banyak

6 Tata Cara Bersedekah saat Ramadan, Biar Makin Berkahpexels.com/Public Domain Pictures

Terkait jumlahnya, kamu bisa bersedekah dalam bentuk materi atau tenaga sesuai dengan apa yang kamu mampu baik sedikit maupun banyak. Jangan sampai kamu bersedekah dalam jumlah banyak sementara dirimu atau keluarga di rumah kebutuhannya malah belum tercukupi.

4. Selama bisa berbuah kebaikan, kamu bebas bersedekah kepada orang lain yang membutuhkan entah yang kamu anggap baik atau buruk

6 Tata Cara Bersedekah saat Ramadan, Biar Makin Berkahpixabay.com/sabar-esbeye

Dalam memberi sedekah, kamu memang seyogyanya tidak memandang bulu entah kepada orang yang kamu anggap baik atau buruk

Sebab meskipun kamu membagikan sedekah kepada orang yang buruk dan hina di mata masyarakat, bisa jadi hal ini justru menjadi obat bagi mereka untuk mendapat hidayah Allah. Terlebih bersedekah kepada orang yang selalu membencimu, bukan gak mungkin dia akan terharu pada sikapmu yang masih berbuat baik padanya sekalipun dia selalu jahat padamu hingga akhirnya dia berubah baik padamu.

5. Kamu harus lebih memprioritaskan sedekah kepada keluarga, kerabat, dan tetangga sebelum orang lain

6 Tata Cara Bersedekah saat Ramadan, Biar Makin Berkahpexels.com/mentatdgt

Dalam lingkungan sosial, tiap manusia memiliki orang-orang terdekat yang hadir dalam kehidupannya, mulai dari keluarga, kerabat, tetangga hingga teman sekolah.

Jadi, dalam memberi sedekah sebaiknya kamu lebih memprioritaskan orang-orang yang paling dekat denganmu terlebih dahulu. Dalam kata lain, kamu harus memandang apakah di antara keluarga, kerabat atau tetanggamu kebutuhannya sudah tercukupi semua, jika hal ini benar. Baru kamu bisa bersedekah dengan orang lain.

6. Jangan pernah mengungkit kembali atas apa yang kamu telah sedekahkan pada orang lain

6 Tata Cara Bersedekah saat Ramadan, Biar Makin Berkahunsplash.com/Helena Lopes

Nah, ini yang paling penting. Setelah kamu bersedekah kepada orang-orang di sekitarmu, jangan pernah mengungkit kembali atas apa yang telah kamu berikan kepada mereka meskipun terkadang mereka membalas pemberianmu itu dengan perilaku yang kurang baik.

Selain dicap ingin dipuji orang lain, sedekahmu akan sia-sia dan justru mendapat dosa jika kamu mengungkitnya lagi. Jadi bersabarlah sebab yang akan memberimu pahala dan balasan atas sedekahmu adalah Allah yang Maha Menepati Janji.

Itulah beberapa tata cara yang perlu kamu pahami terkait sedekah yang juga biasa dilakukan saat Ramadan supaya lebih berkah dan membahagiakan sesama.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Peace Lover Photo Community Writer Peace Lover

With peace, we happy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You