TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bahaya Depresi, 5 Hal Ini Tak Boleh Kamu Paksakan pada Introvert

Perlakukan mereka dengan tetap menjadi diri sendiri

unsplash.com/Brooke Cagle

Menjadi individu yang introvert sering diartikan sebagai individu yang cenderung fokus pada pikiran, perasaan dan situasi hatinya. Daripada berada pada keramaian, introvert lebih menyukai waktu dan menghabiskan akhir pekan sendirian. 

Menjadi introvert memang tidak semudah menjalani pertemanan dengan ekstrovert. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang tidak boleh dipaksakan pada introvert. 

1. Memaksanya berbicara saat ia tidak menginginkannya

unsplash.com/Anna Vander Stel

Seperti yang diketahui, sosok introvert memang tidak senang untuk banyak bicara pada siapapun. Ia akan memikirkan kata perkataan, manakala ia ingin berbicara.

Oleh sebab itu, memaksanya berbicara di kala ia tidak menginginkannya hanya akan membuatnya kesal dan marah. Ia hanya berbicara banyak manakala ia ditanya dan ia ingin untuk menjawabnya atau di kala ia ingin mengutarakan suatu hal yang penting. 

2. Memaksanya untuk bersikap mudah bergaul dengan siapa pun yang baru ditemui

unsplash.com/Alexis Brown

Introvert memiliki lingkup pertemanan yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan ekstrovert. Pertemanan yang dijalani oleh introvert tidak langsung akrab saat kali pertama bertemu. Ia memiliki waktu hingga ia benar-benar mau berteman dengan yang lain dan bukan hanya dalam sekali bertemu saja.

Menyuruhnya untuk ramah dan mudah bergaul dengan yang baru ditemuinya akan sulit untuknya beradaptasi. Oleh sebab itu, jangan pernah melakukan ini dan biarkan introvert berteman dengan yang diinginkannya.

Baca Juga: Meski Bukan Introvert, 5 Zodiak Ini Konon Suka Menyendiri

3. Memaksanya untuk bisa menghibur orang lain

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Introvert memiliki kesulitan untuk menghibur orang lain. Namun, ia dapat menjadi pendengar dan pemberi saran yang sangat baik. Menyuruhnya untuk bisa dan harus bisa menghibur orang yang sedang sedih tidak bisa dilakukannya.

Ia bisa menghibur orang lain, tapi ia tidak tahu apakah yang dia hibur merasa terhibur atau tidak. Ketika kamu mengetahui hal seperti ini, maka kamu harus menghargai setiap hal yang dilakukan introvert manakala ia menghibur orang lain. 

4. Memaksanya menyenangi keramaian seperti ekstrovert

unsplash.com/Jess Jhonsson

Introvert sebenarnya menyukai keramaian, tetapi keramaian yang ia sesuaikan dalam pergaulannya, yakni keramaian yang dilakukannya dengan sahabat dan teman-temannya. Mengajak dan maksa introvert untuk ikut serta dalam keramaian yang bukan dalam pergaulannya tentu tidak akan berhasil. 

Ia akan memiliki berbagai macam alasan yang diucapkan untuk menolak hal tersebut. Baginya berada di keramaian hanya membuatnya sesak dan membuang-buang waktu serta uang saja. Masih banyak yang bisa ia lakukan sendiri tanpa harus pergi ke tempat ramai. 

Baca Juga: 5 Alasan Pacari Pria Introvert Itu adalah Pilihan yang Tepat

Verified Writer

P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya