TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Orang Gak Mau Datang ke Acara Reuni, Ada Rasa Takut!

Salah satunya malas ditanya terkait hal-hal pribadi

ilustrasi kegiatan reuni (pexels.com/Athena)

Selain menghadiri acara pernikahan, orang-orang yang sudah memasuki fase dewasa juga sering mendapat undangan untuk acara reuni. Ada pertemuan dengan teman sekolah, teman kuliah, atau komunitas yang lain.

Meskipun terlihat seru karena menjadi ajang nostalgia, tetapi rupanya tidak semua orang tertarik untuk hadir di acara semacam itu. Berikut beberapa alasan yang mungkin membuat seseorang enggan untuk datang ke acara reuni.

1. Punya pengalaman buruk di masa lalu

ilustrasi seseorang yang menjadi bahan gosip (pexels.com/cottonbro)

Masa-masa menempuh pendidikan di sekolah atau perguruan tinggi adalah momen yang menyenangkan dalam hidup. Kamu bisa bertemu dengan orang-orang dari berbagai daerah, baik dari dalam maupun luar negeri dan menjalin pertemanan yang seru.

Namun, tidak semua orang bisa mendapat keberuntungan seperti itu. Sebagian orang justru mengalami sesuatu kurang menyenangkan, seperti menjadi korban perundungan atau mendapatkan pengalaman buruk lainnya, akibat perbuatan teman-teman di masa lalu.

Mungkin ini yang menyebabkan seseorang tidak mau datang di acara reuni karena takut akan bertemu dengan orang tertentu atau khawatir ada hal buruk yang bakal terulang kembali.

2. Takut bertemu dengan mantan kekasih

ilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (pexels.com/Yan Krukov)

Tidak semua orang memiliki kisah cinta yang lancar hingga ke pelaminan. Beberapa harus kandas di tengah jalan, bahkan berakhir dengan cara yang tidak menyenangkan. Akhirnya, seteru dengan mantan kekasih jadi tidak terelakkan.

Ini menjadi salah satu alasan yang kuat bagi seseorang untuk tidak hadir di acara reuni. Dia takut akan bertemu dengan mantan orang spesial tersebut karena khawatir kembali menguak luka lama.

Baca Juga: 5 Inspirasi Lokasi Seru untuk Reuni, Biar Lebih Memorable

3. Sahabat dekatnya tidak bisa hadir

ilustrasi persahabatan (pexels.com/Yan Krukov)

Mungkin kamu juga memperhatikan bahwa tidak semua orang bisa membaur dengan kawan-kawan satu angkatan. Beberapa orang hanya memiliki lingkaran pertemanan kecil, tetapi sangat berkualitas.

Bila ada temanmu yang tidak datang di acara reuni, mungkin disebabkan oleh sahabat dekatnya yang juga tidak hadir. Dia merasa tidak nyaman kalau harus hadir “seorang diri”, sehingga memilih untuk absen saja.

4. Takut ditanya tentang hal-hal pribadi

ilustrasi mengobrol (pexels.com/Gustavo Fring)

Bukan rahasia lagi bahwa reuni tidak hanya menjadi momen pertemuan para sahabat yang lama terpisah, tetapi sekaligus jadi wadah untuk pamer pencapaian. Mereka yang sudah “sukses” sering kali menanyakan hal-hal yang kurang berkenan kepada orang lain.

Ini menjadi ketakutan tersendiri, terlebih bagi seseorang yang masih harus berjuang dalam hidupnya. Alih-alih mendapat motivasi, biasanya dia akan semakin merasa kecil jika bertemu dengan teman-teman semacam itu.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif yang Bakal Terjadi saat Kamu Menolak Ajakan Reuni

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya