TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Efek Buruk Mengabaikan Kemampuan Berpikir Kritis

Bawa banyak kerugian akibat rendahnya skill analisis

ilustrasi menunjukkan sesuatu di ponsel (pexels.com/LinkedIn Sales Navigator)

Setiap orang sejatinya dibekali kemampuan untuk berpikir. Sayangnya, tidak semuanya punya kemauan untuk menggunakan anugerah itu semaksimal mungkin dengan terus mengasah otak hingga mengembangkan kemampuan memikirkan hal secara kritis.

Orang-orang seperti ini biasanya menganggap bahwa skill berpikir kritis hanya dibutuhkan oleh mereka yang berurusan dengan dunia akademik, peneliti, atau orang-orang yang punya jabatan dan kewenangan tinggi saja. Wah, tentu saja tidak!

Padahal, setiap orang pasti menghadapi banyak permasalahan yang beraneka ragam dalam hidup. Semua itu harus diselesaikan dengan baik agar tidak menimbulkan gangguan yang merugikan.

Kalau tidak mau mengasah kemampuan berpikir kritis, besar kemungkinan kamu akan merasakan beberapa efek buruk seperti yang dijelaskan dalam rangkuman berikut ini. Jangan sampai terjadi padamu, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Berpikir Kritis Bisa Meningkatkan Profesionalitas

1. Mudah terhasut informasi tidak benar

ilustrasi seseorang yang merasa terkejut (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ada beragam informasi yang berlalu-lalang setiap hari. Tentu sebagian merupakan kabar yang benar terjadi dan sebagian lain merupakan hal tidak dapat dipertanggungjawabkan validitasnya.

Sayang sekali, informasi yang kurang bisa dipercaya ini jumlahnya cukup banyak dan mampu menyebabkan terjadinya kegaduhan. Kalau kamu tidak memiliki kemampuan berpikir kritis, maka sudah pasti akan mudah terhasut oleh informasi yang keliru.

Tidak hanya itu saja, bila kamu turut menyebarkan kabar yang ternyata tidak benar, maka dapat dikatakan turut berkontribusi menyebabkan keributan. Kalau sudah begini, tidak hanya kamu saja yang akan merugi, tetapi juga orang lain.

Baca Juga: 5 Strategi Efektif untuk Mengasah Kemampuan Berpikir Kritis 

2. Sulit untuk memecahkan beragam permasalahan dalam hidup

ilustrasi seseorang yang merasa khawatir (pexels.com/Liza Summer)

Hidup ini penuh dinamika beragam. Keadaan ini sering kali menciptakan berbagai penyesuaian yang awalnya tentu dianggap menjadi suatu permasalahan. Kondisi semacam ini harus disikapi dengan bijak dan dicari jalan keluarnya agar tidak berubah semakin rumit dan mengganggu kenyamanan hidup.

Kemampuan berpikir kritis jadi modal utama untuk mencari solusi yang kamu perlukan dalam menghadapi beragam permasalahan dalam hidup. Tanpa adanya kemampuan ini, kamu bisa mengalami kesulitan dalam menganalisis suatu permasalahan, sehingga akhirnya tidak kunjung mendapatkan jalan keluar. Jika keadaan ini dibiarkan terus berlarut-larut, maka bisa membuatmu tertekan karena perkara yang ada tidak lekas selesai.

Baca Juga: 7 Kualitas Diri saat Kamu Memiliki Kemampuan Berpikir Kritis

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya