5 Cara Melipat Pakaian ala Jepang, Rapi dan Hemat Tempat!

Baju di lemari menjadi lebih rapi, nih!

Terkadang ketika kita melipat pakaian, entah kenapa hasilnya tidak bisa rapi. Kemudian, lemari kamu juga terlihat penuh dan berantakan. Padahal, kamu sudah berusaha melipatnya serapi mungkin. Kalau sudah begini mungkin kamu membutuhkan tips dari Marie Kondo. Dia adalah influencer asal Jepang yang kerap membagikan tips berbenah rumah lewat channel YouTube-nya dengan nama sama.

Dia memegang prinsip kerapian, hemat waktu, praktis, dan minimalis. Hal ini juga termasuk dalam urusan melipat pakaian. Untuk itu, berikut ini ada beberapa cara melipat pakaian ala Jepang yang bisa kamu coba dari Marie Kondo. Dijamin rapi dan hemat tempat!

1. Cara melipat tank top

5 Cara Melipat Pakaian ala Jepang, Rapi dan Hemat Tempat!Ilustrasi melipat baju (YouTube/Marie Kondo)

Pertama kamu bisa melipat bagian samping kiri dan kanan ke arah dalam (bagian depan tank top). Pastikan kiri dan kanan lebarnya sama ya. Bentuknya akan menjadi memanjang dan tampak lebih rapi.

Setelah itu, ambil titik tengahnya lalu kamu lipat menjadi lebih pendek. Kalau sudah, ambil dua titik lipatan menjadi lebih kecil lagi. Hasilnya, lipatan tank top kamu akan lebih ringkas dan pendek. Siap untuk disimpan!

2. Cara melipat kaus

5 Cara Melipat Pakaian ala Jepang, Rapi dan Hemat Tempat!Ilustrasi melipat baju (YouTube/Marie Kondo)

Untuk melipat kaus, langkah pertama hampir sama dengan tank top. Kamu bisa melipat kedua sisi kanan kiri kaus, kamu lipat ke arah dalam (bagian depan kaus). Lalu bagian lengan juga dilipat ke arah luar agar lebih rapi.

Kaus pun bentuknya akan menjadi memanjang. Setelah itu ambil titik tengah, dan lipat kausnya. Tapi sisakan sedikit bagian ujung bawah. Setelah itu ambil dua kali lipatan, hasilnya lipatan kaus kamu akan lebih simetris karena bagian ujung bawah diberi sisa.

3. Cara melipat sweater

5 Cara Melipat Pakaian ala Jepang, Rapi dan Hemat Tempat!Ilustrasi melipat baju (YouTube/Marie Kondo)
dm-player

Untuk cara melipat sweater, caranya juga simpel dan mudah. Pertama lipat kedua sisi sweater ke arah dalam. Untuk bagian lengannya, lipat lurus dulu atau simetris. Kemudian sisa ujungnya kamu lipat ke arah bawah. Lakukan langkah yang sama di bagian sisi sweater satunya.

Setelahnya, bentuk sweater menjadi memanjang. Kamu bisa ambil titik tengah dan lipat satu kali lebih pendek. Sisakan sedikit bagian bawahnya. Kalau sudah, lipat kembali dua kali menjadi lebih pendek dan rapi.

Baca Juga: 5 Mindset yang Diterapkan Ratu Bebersih Marie Kondo, Mulai Dulu!

4. Cara melipat celana panjang

5 Cara Melipat Pakaian ala Jepang, Rapi dan Hemat Tempat!Ilustrasi melipat celana (YouTube/Marie Kondo)

Untuk celana panjang, lipat dulu ke arah dalam. Ambil titik bagian tengah atau resleting. Bentuk celana pun akan jadi memanjang. Kemudian ambil titik tengah lipat sekali menjadi lebih pendek. Jangan lupa sisakan sedikit bagian atasnya (pinggang).

Setelah itu, lipat kembali dua kali menjadi lebih pendek. Celana panjang kamu pun menjadi lebih rapi. Saat disimpan juga tidak akan memakan banyak tempat.

5. Cara melipat celana pendek

5 Cara Melipat Pakaian ala Jepang, Rapi dan Hemat Tempat!Ilustrasi melipat celana (YouTube/Marie Kondo)

Untuk celana pendek, langkahnya hampir sama dengan celana panjang. Ambil titik tengah atau bagian resleting, lipat ke arah dalam atau depan satu kali.

Setelah itu, ambil titik tengahnya dan lipat satu kali. Celana pendek pun menjadi lebih rapi dan tidak memakan tempat saat disimpan.

Itulah tadi cara melipat pakaian ala Jepang dari Marie Kondo yang bisa kamu coba. Jadi, kalau lemari kamu rapi, tentu membuat kamu lebih nyaman dan hidup bahagia. Fyi, prinsip hidup Marie Kondo ini juga telah didokumentasikan lewat dokumenter di Netflix, lho. Boleh banget kalau kamu melihat bagaimana dia menata rumahnya dan kepo dengan kehidupannya.

Baca Juga: 5 Tips Ajak Anak Membersihkan Rumah ala Marie Kondo, Dia Pasti Suka!

Topik:

  • Pinka Wima
  • Stella Azasya
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya