TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Etika Mengunjungi Orang yang Sedang Berduka, Jangan Banyak Tanya!

Berikan ruang untuk belajar mengikhlaskan

ilustrasi orang yang sedang berduka (pexels.com/RODNAE Productions)

Ada banyak peristiwa tidak menyenangkan yang terjadi setiap hari dan bisa menimpa siapa saja. Salah satu bentuk kemalangan tersebut adalah kehilangan orang tersayang. Meskipun kondisi ini akan terjadi pada semua orang, tetapi pasti tidak akan pernah siap untuk menghadapi momen tersebut.

Ketika kamu berniat untuk mengunjungi orang yang sedang ditimpa musibah, pastikan untuk menerapkan etika yang baik. Jangan sampai membuat orang tersebut bertambah sedih karena tindakanmu yang sembrono.

Apa saja etika yang dimaksud? Yuk, simak poin-poin di bawah ini!

1. Sampaikan ungkapan belasungkawa sekaligus memberi dukungan

ilustrasi orang yang merasa sedih (pexels.com/SHVETS production)

Ketika mendatangi orang yang sedang ditimpa musibah, bersikaplah sopan. Bicaralah dengan lembut dan berikan ungkapan belasungkawa yang tulus kepadanya.

Selain itu, berikan dukungan yang bisa menguatkan hati. Tunjukkan rasa simpati agar orang tersebut merasa tidak sendiri, sehingga harapannya bisa perlahan bangkit dari keterpurukan dan bisa kembali menjalani hidup dengan normal.

Baca Juga: 8 Etika Sederhana yang Sering Dilupakan saat Berbelanja Offline

2. Jangan menanyakan hal-hal yang sensitif

ilustrasi seseorang yang merasa sedih (pexels.com/Pixabay)

Barangkali sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi masyarakat untuk menanyakan perihal kronologi terjadinya sebuah peristiwa, termasuk kemalangan. Padahal, tidak semua yang bertanya benar-benar ingin tahu. Sebagian hanya berniat basa-basi saja.

Sebaiknya, hindari menanyakan hal-hal sensitif semacam itu karena bisa mengungkit luka batin yang sedang berusaha disembuhkan. Lebih baik berikan dukungan atau diam bila tidak memiliki pesan yang ingin disampaikan.

3. Hindari mengobrol terlalu lama

ilustrasi seseorang yang merasa sedih (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tidak boleh menanyakan hal-hal yang bisa menyebabkan kesedihan, bukan berarti kamu boleh mencari topik pembicaraan lain. Orang yang sedang berduka pada dasarnya tidak ingin berbicara dengan siapa pun. Jika memungkinkan, barangkali mereka hanya ingin menangis seharian sambil mengenang masa-masa bersama orang yang telah pergi.

Oleh sebab itu, segeralah undur diri bila sudah selesai menemui orang tersebut. Berikan mereka ruang dan waktu untuk menenangkan diri dan berusaha mengikhlaskan kepergian orang tercinta.

4. Jangan minta untuk berfoto bersama

ilustrasi berfoto bersama (pexels.com/Alexy Almond)

Ini merupakan sebuah “penyakit” yang sekarang ini kerap menghampiri banyak orang. Seolah tidak paham dengan situasi, seseorang bisa dengan mudahnya mengajak orang yang sedang dirundung duka untuk berfoto bersama. Foto atau video tersebut biasanya akan diunggah ke media sosial disertai dengan caption bernada sedih.

Percayalah, tindakan seperti ini tidak pantas untuk dilakukan. Mereka mau diajak berfoto karena menghargai tamu yang telah sudi berkunjung. Hati mereka sedang remuk, jadi jangan menambah beban dengan melakukan hal-hal yang tidak perlu.

Baca Juga: 5 Aturan Tak Tertulis saat Basa-basi dengan Orang Lain, Jaga Etika!

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya