TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Bisa Menghambat Pengembangan Diri, Buang Jauh-jauh!

Bisa karena ada di lingkungan pergaulan yang kurang tepat

ilustrasi seseorang yang sedang merenung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sebagai manusia, tentu kamu memiliki hasrat untuk memaksimalkan potensi diri dan bisa meraih prestasi tertinggi. Keberhasilan tersebut tidak hanya dapat menimbulkan perasaan bahagia bagi diri sendiri, tetapi juga menjadi kebanggaan bagi orang-orang di sekelilingmu.

Sayangnya, terkadang kamu merasa kesulitan untuk melaksanakan niat baik untuk mengembangkan diri tersebut. Akibatnya, kamu hanya jalan di tempat dan tidak berhasil meraih apa yang menjadi cita-citamu.

Supaya terbebas dari kesulitan pengembangan diri, pahami beberapa hal yang menjadi pengambat berikut ini!

1. Tidak percaya diri

ilustrasi seseorang yang sedang bercermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kepercayaan diri merupakan modal awal untuk memulai langkah menuju perubahan yang bersifat positif. Ketika yakin dengan potensi diri yang dimiliki, kamu akan berani untuk memperjuangkannya hingga memberikan hasil yang nyata.

Namun, bila terlalu sering meremehkan diri sendiri dan tidak yakin bahwa kamu punya sesuatu yang hebat di dalam diri, maka kamu pun sulit untuk berkembang. Kamu tidak akan melangkah ke mana-mana karena selalu merasa kecil dan tidak mampu untuk berbuat lebih.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Awali Pengembangan Diri dengan Mengenali Kepribadian

2. Selalu ragu dalam mengambil keputusan

ilustrasi seseorang yang sedang bingung (pexels.com/RODNAE Productions)

Keraguan saat mengambil sebuah keputusan juga memiliki andil besar dalam penyebab gagalnya seseorang mengembangkan potensi yang ada. Sebagai contoh, kamu punya kemampuan bermain suatu alat musik, tetapi alih-alih memilih untuk mengasah bakat tersebut, kamu malah memutuskan untuk menjadi penari karena merasa lebih keren atau lainnya. Akibatnya, kamu sulit untuk mengembangkan bakatmu.

Ini tidak akan terjadi bila dari awal kamu telah mengambil keputusan yang tepat. Bakat apa pun itu, bila diasah hingga menjadi benar-benar mahir, tetap akan menjadi sesuatu yang hebat dan mengesankan. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu dalam memutuskan sesuatu.

3. Selalu ingin menyenangkan semua orang

ilustrasi seseorang yang sedang bingung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Salah satu penghambat seseorang dalam mengembangkan kemampuan diri adalah terlalu ingin menuruti omongan yang beragam dari orang-orang di sekitarnya. Mungkin orangtua ingin kamu menjadi seorang pilot, tetapi teman-teman ingin kamu menjadi dokter, padahal kamu punya cita-cita menjadi seorang juru masak, misalnya demikian.

Menyenangkan hati semua orang sekilas terdengar sebagai hal yang mulia, tetapi sebenarnya sangat mustahil untuk dilakukan. Pada kenyataannya, setiap orang punya keinginan yang berbeda. Alih-alih dapat membuat semua bahagia, yang ada justru kamu semakin kesulitan. Lebih baik pilihlah mana yang sesuai dengan kemampuanmu dan kembangkan semaksimal mungkin.

4. Terlalu takut untuk memulai sesuatu

ilustrasi seseorang yang sedang berpikir (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Kamu juga kesulitan untuk memulai langkah pengembangan diri tatkala terlalu takut akan segala risiko yang ada. Kamu khawatir bahwa suatu ketika apa yang kamu khawatirkan tersebut menjadi kenyataan.

Perlu diketahui bahwa memikirkan dampak dari sebuah keputusan memang sangat dianjurkan agar kamu tidak sembarangan dalam bertindak. Namun, jangan jadikan ini sebagai hal yang justru menakutimu.

Semakin besar kekhawatiran akan terjadinya sesuatu, semakin besar pula kemungkinan hal tersebut benar-benar terjadi. Sebab, apa yang kamu pikirkan itulah yang akan kamu lakukan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Karya Penulis Lokal

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya