TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memanfaatkan Waktu Ngabuburit, Tetap Bernilai Ibadah

Gunakan kesempatan untuk kumpulkan pahala

ilustrasi seseorang yang sedang membaca Al-Quran (pexels.com/Thirdman)

Ada salah satu hal yang sangat khas dengan bulan Ramadan, yaitu aktivitas ngabuburit alias menunggu datangnya azan Magrib yang menandai diperbolehkannya berbuka puasa. Banyak orang menggunakan waktu ini untuk bersantai dan bercengkerama dengan teman-teman atau sekadar berjalan-jalan.

Memang semua itu sah-sah saja untuk dikerjakan, tetapi rasanya sedikit sayang kalau dirimu tidak memanfaatkan waktu ngabuburit untuk sesuatu yang kurang berfaedah. Oleh sebab itu, usahakan memanfaatkan waktu ngabuburit untuk mengerjakan beberapa aktivitas di bawah ini agar tetap bernilai ibadah.

1. Gunakan untuk membaca Al-Quran

ilustrasi seseorang yang sedang membaca Al-Quran (pexels.com/RODNAE Productions)

Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman kehidupan dan memiliki banyak manfaat luar biasa lainnya. Oleh sebab itu, membaca kitab ini dapat membuatmu menjadi lebih berilmu dan merasakan kedamaian yang dalam.

Usahakan untuk membaca dan mempelajari Al-Quran setiap ada kesempatan, termasuk ketika sedang ngabuburit. Gunakan kesempatan tersebut untuk bisa menghafalkan surat atau mengkhatamkan bacaan, sehingga ibadah puasamu akan menjadi lebih bermakna.

2. Gunakan untuk membaca buku-buku berkualitas dan menginspirasi

ilustrasi seseorang yang sedang membaca buku (pexels.com/Gary Barnes)

Selain untuk membaca Al-Quran, kamu juga bisa menggunakan kesempatan ngabuburit untuk “melahap” buku lainnya. Buku bertema agama, bacaan tentang pengembangan diri, atau apa saja yang memiliki faedah bisa dijadikan referensi.

Semakin banyak buku yang berhasil dibaca, semakin berlimpah ilmu yang didapatkan. Dengan begini, kamu akan memperoleh beragam informasi baru yang bermanfaat selama menjalankan ibadah puasa satu bulan lamanya.

Baca Juga: 7 Ibadah dan Amalan yang Pahalanya Dilipatgandakan Selama Ramadan

3. Mendengarkan ceramah

ilustrasi seorang ustaz yang sedang menyampaikan ceramah (pexels.com/Alena Darmel)

Ada banyak sekali program ceramah selama bulan Ramadan di berbagai media elektronik. Semua itu menyampaikan beragam pesan mulia untuk kesehatan jiwa dan tentunya dapat menuntunmu ke arah yang lebih baik.

Oleh sebab itu, jangan lewatkan begitu saja ilmu-ilmu luar biasa tersebut. Bila ada kesempatan, seperti saat ngabuburit, gunakan untuk mendengarkan ceramah. Dengan begini, hatimu akan menjadi lebih lembut dan semakin dekat dengan Allah SWT.

4. Membantu menyiapkan hidangan untuk berbuka

ilustrasi ibu dan anak memasak bersama (pexels.com/Elina Fairytale)

Jika kamu masih tinggal bersama orangtua, gunakan waktu ngabuburit yang ada untuk meringankan pekerjaan mereka. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah membantu menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa.

Tanyakan pada ibu dan bapak tentang bantuan apa yang bisa kamu berikan. Hal-hal sederhana seperti ini sudah bisa membuat mereka bahagia. Tentu saja, bila semua dikerjakan dengan hati yang ikhlas, dapat menjadi tambahan pahala yang membuat ibadahmu semakin berkualitas.

Baca Juga: 5 Ide Seru Ngabuburit Bareng Teman-Teman, Dijamin Anti Gabut!

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya