TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan jika Memahami Literasi di Usia Muda

#IDNTimesLife Bisa kalian mulai dari sekarang, lho

ilustrasi wanita sedang membaca (pexels.com/@olly)

Literasi merupakan hal sederhana yang sebenarnya sulit untuk dilaksanakan secara rutin. Pentingnya literasi sudah harus ditanamkan ketika seseorang masih berada di usia yang sangat muda.

Mereka harus memahami literasi dengan begitu dalam agar mudah meraih impiannya dari sekarang. Berikut ini ada lima manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memahami literasi di usia muda.

1. Membantu tumbuh kembang otak

ilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/@brookecagle)

Perkembangan otak di usia muda akan sangat penting bagi siapa saja. Tak ada kemampuan khusus untuk mengembangkan hal tersebut karena adanya literasi membuat siapa saja menjadi lebih pintar.

Mereka sudah memahami betapa pentingnya literasi dan terus mengembangkan pola pikir jernih hingga sekarang. Kebanyakan dari mereka mampu menentukan masa depannya dengan cemerlang dan mampu memilih yang benar dibandingkan yang buruk.

2. Kemampuan menulis akan semakin meningkat

ilustrasi pria menulis (pexels.com/@ivan-samkov)

Pada saat seseorang sudah memahami tentang literasi, maka dirinya akan mudah untuk menguasai konsep menulis yang benar. Ada kaidah penting yang harus diperhatikan dan dipelajari sehingga orang tersebut sangat kompeten di bidangnya.

Mereka akan mudah mengerti dengan beragam penjelasan untuk memulai suatu karya yang cukup menarik. Semua aturan dalam penulisan akan mudah dipahami karena kemampuan membaca seseorang yang sudah di atas rata-rata.

Baca Juga: Putus Asa? 5 Film Pembangkit Semangat Hidup!

3. Mampu memilah kata pada saat berbicara

ilustrasi wanita berbicara (pexels.com/@polina-tankilevitch)

Kemampuan ini akan berguna bagi seorang public speaker. Salah satu poin penting bagi seseorang untuk berani tampil di hadapan publik. Mereka akan mudah dalam membawakan suatu acara semenarik mungkin.

Banyak pendengar yang akan takjub dengan kemampuan seseorang dalam berbicara. Hal ini menunjukkan diri seseorang yang jenius dan apa adanya. Mereka tak kesulitan untuk keluar dari zona nyaman.

4. Daya imajinasi akan tumbuh pesat

ilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/@eyeforebony)

Daya imajinasi seseorang itu bisa tumbuh lebih pesat berkat adanya literasi. Konsep literasi itu sendiri menjadi pekerjaan penting bagi suatu negara agar mencerdaskan generasi muda di masa depan.

Generasi muda sangat diperhatikan untuk menjadi bibit unggul dalam membangun suatu negara untuk lebih maju. Daya imajinasi yang lebih tinggi akan sangat dibutuhkan bagi pribadi yang berkualitas.

Baca Juga: 5 Makna Dibalik Ajaran Makan untuk Hidup, Bukan Hidup untuk Makan

Verified Writer

Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya