TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Juga Perlu Diperhatikan oleh Pemerintah Indonesia

#DearFutureIndonesia yang ini jangan sampai dicuekin

Pixabay/Pexels

Setiap negara pastinya ingin menjadi negara yang maju. Dengan segala keunikan dan budayanya, masyarakatnya juga harus mau berubah untuk menjadikan negaranya lebih maju. Peran pemerintah juga sangat dibutuhkan untuk mencapai hal tersebut.

Tugas besar juga untuk pemerintahan Indonesia. Dari banyaknya permasalahan yang ada, seperti kemiskinan hingga pengangguran, hal ini juga jangan sampai dilupakan. Perlu adanya keseriusan dalam pelaksanaannya agar semua merasakan hasilnya.

1. Sumber daya manusia yang mumpuni

Pixabay.com/Rawpixel

Suatu negara pasti memiliki kekayaan alam yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, kekayaan alam sangatlah berlimpah. Namun di balik itu semua, butuh sumber daya manusia yang mumpuni dan berwawasan. Pengelolaan dan pemanfaatannya perlu diperhatikan. Jika mampu menciptakan sumber daya manusia yang mumpuni dan berwawasan, maka kekayaan alam di Indonesia dapat dinikmati oleh seluruh masyarakatnya.

Baca Juga: 4 Harapan dari Pejalan Kaki untuk Pemerintah Baru

2. Perkembangan teknologi yang merata

Pixabay.com/Free-Photos

Di zaman serba digital ini, perkembangan teknologi memang sangat pesat. Dengan adanya perkembangan teknologi tersebut, kita bisa merasakan dampak positifnya dan menpermudah segala sesuatu. Namun, tak semuanya merasakan dampak positifnya. Masih ada beberapa yang belum menikmatinya. Maka dari itu, perkembangan teknologi haruslah menjangkau seluruh daerah agar masyarakatnya menikmati manfaatnya.

3. Perkembangan sains untuk masyarakat

Pixabay.com/Belova59

Sains memang sangat diperlukan sampai saat ini. Penelitian dan inovasi di bidang sains telah memberikan manfaat yang baik untuk keberlangsungan manusia. Perkembangan sains di tiap negara telah memberikan manfaat untuk rakyatnya. Haruslah di tiap negara mampu mengembangkan penelitian atau inovasi yang menguntungkan negara maupun rakyatnya. Begitu juga di Indonesia. Perlunya sains sangat berguna untuk edukasi maupun kebutuhan bangsa dan rakyatnya.

Kita tahu bahwa Indonesia sendiri menduduki peringkat yang buruk dalam hal ini. Minat membaca di Indonesia masih sangat minim. Banyak yang malas membaca dan beberapa faktor lain yang mempengaruhinya. Fasilitas membaca juga perlu ditingkatkan.

Seperti memperbaiki perpustakaan, menambah koleksi buku di perpustakaan, menciptakan suasana yang nyaman untuk membaca, dan lainnya. Sosialisasi juga harus gencar diadakan. Dari membaca, kita akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan dan manfaat lainnya.

4. Minat membaca yang perlu ditingkatkan

Pixabay.com/StockSnap

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Writer

Reza Nur Wibisono

Penghuni 'titik biru pucat' di luasnya alam semesta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya