TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Bertemu Kembali dengan Semangat Hidup, Bertahanlah!

Bertahanlah, masa depan indah sedang menunggumu

Ilustrasi orang yang sedang tersenyum (Pexels/Daniel Xavier)

Walaupun sudah berusaha sekuat tenaga, terkadang semangat hidup bisa menghilang begitu saja terseger oleh rasa lelah dan letih. Kebosanan pun bisa menjadi alasan lainnya.

Cobalah untuk bertahan, walaupun terkadang hal tersebut sulit kamu lakukan. Jika memang mulai jenuh, kamu bisa mencoba cara-cara di bawah ini untuk membuatmu gembira. Coba salah satu, maka semangat hidupmu akan kembali lagi.

1. Beri dirimu izin untuk menghilang sejenak 

Ilustrasi orang yang sedang beristirahat (Pexels/Andrea Piacquadio)

Menghilanglah sejenak jika memang itu diperlukan. Kamu harus bisa mencari waktu untuk dirimu sendiri, untuk meluruskan lagi pikiranmu. Dengan memberi dirimu izin untuk menghilang, kamu bisa mempunyai kebebasan untuk beristirahat, merefleksikan diri, atau mungkin bersenang-senang.

Jika memang diperlukan, beri kabar beberapa orang penting dan terdekat bahwa saat itu kamu tak bisa dihubungi beberapa saat. Dengan demikian, kamu pun tidak akan ketakutan untuk mempunyai waktu untuk sendiri. 

2. Manfaatkan setiap hari dengan sebaik-baiknya

Ilustrasi orang yang sedang memanfaatkan hari dengan sebaik-baiknya (Pexels/Mikhail Nilov)

Setiap hari adalah kesempatan yang baru. Kamu bisa memulai untuk belajar kemampuan yang baru, atau kamu mungkin bisa menyelesaikan pekerjaanmu yang sedikit lagi akan terselesaikan. Melihat harimu sebagai hal yang paling penting, akan membuatmu mulai menghargai hal-hal kecil di dalamnya. Uruslah hari ini, karena besok akan mengurus dirinya sendiri.

Selain itu, jika kamu bisa memanfaatkan harimu sebaik mungkin, kamu juga akan berproses dengan lebih baik lagi. Kamu pun akan lebih cepat sampai ke impian yang kamu inginkan. 

Baca Juga: 5 Nasihat Ajaib Buat Kamu yang Kehilangan Semangat Hidup

3. Tekan tombol 'reset'

Ilustrasi orang yang baru saja memulai harinya (Pexels/Miriam Alonso)

Tekanlah tombol resetmu. Mulai ulang hal-hal yang kamu anggap perlu untuk diulang. Kamu bisa melakukan ini ketika segala pekerjaanmu terasa jenuh dan mulai kehilangan arah ke mana kamu akan membawa hidupmu ini. Dengan sengaja mengatur ulang lagi hidupmu, kamu mungkin sudah mendapati tiba di tujuanmu, dan kini membutuhkan tujuan yang baru. 

Dengan tujuan baru tersebut, kamu akan lebih bersemangat dalam menjalani hari-harimu ke depan. Tak ada salahnya jika kamu harus memulainya kembali, kok. 

4. Dikte lingkunganmu 

Ilustrasi tempat kerja yang terorganisir (Pexels/Ken Tomita)

Kamu harus mampu mendikte lingkunganmu, bukan sebaliknya. Dalam arti, kamu harus paham kapan mulai bekerja, di mana kamu menyimpan barang-barang yang mendukung pekerjaanmu, dan lain sebagainya. Mungkin pada awalnya terasa sulit. Namun ketika kamu sudah mulai terbiasa, hal-hal ini akan datang kepadamu secara natural.

Teruslah untuk berusaha mendikte lingkunganmu agar kamu bisa mendapatkan hasil terbaik dari setiap harinya. 

Baca Juga: 10 Kalimat Bijak yang Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Semangat Dijalani

Verified Writer

Rizky Fajar Adipratama

Kau hancurkan diriku saat engkau pergi Setelah kau patahkan sayap ini Hingga ku takkan bisa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya