Comscore Tracker

5 Nasihat Ajaib Buat Kamu yang Kehilangan Semangat Hidup

Biar gak makin terpuruk

Setiap orang tak bisa lepas dari persoalan hidup. Bahkan, akan ada titik di mana kamu  seperti hilang arah dalam menjalani kehidupan akibat rentetan persoalan yang tak kunjung usai. Namun ketahuilah, justru rasa sakit yang kamu alami sebagai tanda bahwa kamu masih menjadi manusia. Artinya, wajar apabila kamu merasa tidak baik-baik saja.

Tetapi, masih banyak orang yang merasa ingin mengakhiri semuanya ketika ditimpa musibah yang teramat berat. Seolah-olah mereka tak berdaya lagi, bahkan merasa hidupnya tak bermakna lagi. Kekeliruan dalam berpikir demikian yang membuatnya cenderung ingin menyerah.

Untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut, ada baiknya kamu pahami dan renungkan kelima nasihat berikut yang dijamin mampu kembalikan semangat hidupmu yang sempat hilang. 

1. Layaknya waktu yang selalu berubah setiap detiknya, pun seperti kamu yang tak akan terjebak dalam situasi ini selamanya

5 Nasihat Ajaib Buat Kamu yang Kehilangan Semangat Hidupilustrasi orang fokus (unsplash.com/Allef Vinicius)

Waktu akan terus berjalan, mengikuti polanya yang sudah ditentukan. Ibaratnya cobaan yang kamu alami adalah waktu, ia akan terus bergulir, tak akan berhenti di satu titik saja. Begitulah kehidupan yang ada pasang-surutnya, penuh pergantian dan perputaran. Kuncinya, perbanyak sabar, nikmati prosesnya, dan yakini bahwa perubahan itu nyata.

2. Kamu tak bisa memilih untuk mendapatkan cobaan seperti apa, namun kamu bisa memilih untuk bertindak bukan menyerah

5 Nasihat Ajaib Buat Kamu yang Kehilangan Semangat Hidupilustrasi orang berpikir (pexels.com/Yan Krukov)

Setiap persoalan hidup yang terjadi tentu sudah ada takarannya masing-masing. Kamu tak bisa memilih mendapatkan masalah sesuai dengan porsi yang diinginkan. Namun, kamu punya kesempatan untuk memilih; menyerah dengan keputusasaan atau bangkit dengan mencari solusi.

Pilihan yang kamu ambil akan menentukan arahmu ke depan. Jadi pastikan kamu memanfaatkan hal itu agar tak salah melangkah. Ingat, kamu masih punya harapan untuk mengubah keadaan ketika kamu mampu menentukan pilihan yang tepat.

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Pentingnya Menemani Sahabat di Kala Terpuruk

3. Mimpi adalah penggerak. Maka buatlah tujuan baru jika tujuan yang lalu sudah tak bisa menggerakkanmu

5 Nasihat Ajaib Buat Kamu yang Kehilangan Semangat Hidupilustrasi tidak bersemangat (pexels.com/Pixabay)

Tuntutan masalah hidup yang harus dihadapi acap kali membuat seseorang putus asa, kehilangan motivasi, dan daya hidupnya. Seolah mereka tak ingin melanjutkan hidupnya lagi. Memang terasa berat, namun hidup berjalan maju. Mau tidak mau kamu harus mencari semangat baru yang bisa membuatmu terus melangkah. Salah satunya dengan mimpi; sesuatu yang mampu menggerakkan.

4. Jika kamu merasa lelah, tak apa untuk singgah sementara, namun pantang untuk menyerah

5 Nasihat Ajaib Buat Kamu yang Kehilangan Semangat Hidupilustrasi orang lelah (pexels.com/Ivan Samkov)

Ketahuilah, setiap rasa putus asa yang kamu alami jangan terburu-buru untuk dibenarkan. Karena hal itu sejatinya bukan tanda kamu ingin menyerah, namun pengingat bahwa kamu sedang lelah. Kamu butuh berhenti sejenak untuk merenung, introspeksi diri, serta mencari afirmasi positif. Jadi, jangan pernah berpikir untuk menyerah, karena hidup terdiri dari masa depan yang bergerak maju. 

5. Bisa jadi kesedihanmu saat ini adalah sebuah syarat yang harus dipenuhi sebelum datangnya bahagia

5 Nasihat Ajaib Buat Kamu yang Kehilangan Semangat Hidupilustrasi orang tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hakikat hidup yang sebenarnya ialah terdiri dari beragam rasa. Mustahil bagi setiap orang untuk merasa bahagia sepanjang hidupnya. Justru kesedihan itulah yang terkadang bisa memberikan makna kehidupan yang mendalam. Karena bisa jadi kesedihan yang kamu alami saat ini menjadi titik awal dari kebahagiaan. 

Kehilangan semangat hidup memang bukan perkara yang mudah. Ketika ada di fase tersebut, kamu akan berada pada titik di mana untuk melakukan hal yang mudah pun akan terasa sangat berat. Kamu perlu dukungan yang mampu jadi pengingat agar tak berhenti di tengah jalan. Nah, lima nasihat tersebut dapat kamu renungkan lebih dalam agar kamu mampu menemukan makna hidup yang telah lama kamu cari.

Baca Juga: 7 Perbuatan Sia-sia yang Cuma Bikin Kamu Terpuruk dan Gak Bahagia

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya