TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Inilah 5 Waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadan, Yuk Pahami

Semoga segera dikabulkan

pexels.com/David McEachan

Bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Banyak amalan-amalan yang dilipat gandakan pahalanya selama bulan Ramadan ini. Tak hanya itu, Ramadan juga memberikan kesempatan kita untuk lebih banyak berdoa serta memohon ampun.

Berdoa bisa kapan saja, tapi ada baiknya kamu berdoa di waktu-waktu tertentu. Supaya doamu cepat dikabulkan, yuk berdoa di 5 waktu mustajab selama bulan Ramadan ini. Berikut berita selengkapnya.

1. Saat sahur

pexels.com/vjapratama

Waktu sahur menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa. Allah SWT pun berfirman, "Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan." (QS. Adz Dzariyat: 18). Oleh karena itu, jangan males lagi untuk bangun sahur ya.

Baca Juga: Malam Nisfu Sya'ban, Baca Yasin dan Berdoa Agar Terhindar dari Wabah 

2. Saat sedang berpuasa

pexels.com/Janco Ferlic

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Tiga orang yang doanya tidak tertolak yaitu orang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi." (HR. Ahmad 2: 305).

Berkaitan dengan hadis di atas, waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan bagi orang yang sedang berpuasa juga dijelaskan dalam surat Al-Majmu' 6:273 yang berbunyi "Disunnahkan orang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdoa untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan doa kebaikan untuk kaum muslimin secara umum."

3. Saat berbuka puasa

pexels.com/David McEachan

Ketika sudah waktunya berbuka puasa, panjatkanlah doa-doa yang selama ini kamu inginkan. Keistimewaan dalam berbuka puasa juga diriwayatkan oleh Muhammad SAW. Beliau bersabda, "Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak. Doa untuk pemimpin yang adil, doa untuk orang yang berpuasa saat dia berbuka, dan doa orang yang terzalimi." (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752)

4. Sepertiga malam

pexels.com/abdulmeilk majed

Allah SWT sudah mengungkapkan rasa cintanya kepada para hamba yang berdoa pada sepertiga malam terakhir dalam surat Adh-Dzariyat ayat 18. Di sepertiga malam ini juga merupakan waktu salat dan berdoa paling baik.

Baca Juga: 5 Tips Berdoa di Bulan Puasa, Bikin Hajatmu Bisa Cepat Terkabul

Verified Writer

Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya