TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Malu dengan Bentuk Tubuhmu!

Kamu itu sangat berharga! 

Unsplash.com/Molly Belle

Saat ini, perkembangan beauty standard memang sangat berkembang dengan pesat. Tak heran, bila semakin banyak orang yang berlomba-lomba berusaha mengubah bentuk tubuh mereka demi sesuai dengan beauty standard yang ada. Oleh karena itu, semakin banyak pula orang yang merasa malu dengan bentuk badan mereka dan rela menghabiskan banyak uang demi bisa sesuai dengan beauty standard tersebut.  

Nah, bagi kamu yang masih sering merasa malu dengan bentuk tubuhmu, berikut adalah tujuh alasan kenapa kamu tidak boleh merasa malu dengan bentuk tubuhmu sendiri.

1. Kamu itu merupakan ciptaan Tuhan yang paling berharga

Unsplash.com/Jad Limaco

Kamu tahu tidak, ketika kamu sedang merasa malu terhadap bentuk tubuhmu, itu sama artinya kamu tidak menghargai apa yang Tuhan ciptakan. Tentu, kamu tahu bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Jadi, kenapa kamu harus malu dengan bentuk tubuhmu? Percayalah, kamu itu sudah lahir dengan cantik jadi tidak perlu merasa khawatir dengan bentuk tubuhmu. 

2. Setiap orang punya karismanya masing-masing

Unsplash.com/averie woodard

Setiap orang itu punya karisma mereka masing-masing. Mungkin bagi dirimu bentuk tubuh yang kurus, tinggi dan langsing adalah standard beauty yang menarik. Namun, belum tentu bagi orang lain itu adalah standard beauty yang menarik. Cobalah, untuk mengubah mindset-mu. 

Tunjukkan karisma yang ada dalam dirimu, maka semua mata pasti akan tertuju padamu. 

Baca Juga: 9 Fungsi Keringat bagi Kesehatan Tubuh yang Gak Diketahui Banyak Orang

3. Kamu tidak akan pernah merasa puas dengan dirimu

Unsplash.com/Taylor Smith

Banyak orang yang pada awalnya ingin mengubah salah satu bentuk tubuhnya. Tapi ketika bercermin ia akan mulai merasa untuk mengubah bentuk tubuh yang lainnya. Jika dibiarkan terus menerus, orang tersebut bisa kecanduan dengan operasi plastik. Tentu ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan orang tersebut. 

Padahal, bukan bentuk tubuhmu yang bermasalah. Melainkan, pikiranmu dan rasa tidak puas terhadap dirimu sendiri yang harus diperbaiki. 

4. Tanpa disadari kamu akan hidup dalam bayang-bayang

Unsplash.com/Molly Belle

Pada awalnya, kamu hanya memikirkan bagaimana bentuk tubuhmu bisa terlihat menarik. Namun, karena rasa tidak puas yang kamu miliki. Tanpa disadari, kamu akan mulai hidup dalam bayang-bayang beauty standard yang tidak wajar.

Kamu harus tahu, beauty standard itu akan selalu berubah-ubah. Jadi, selalu mengikuti beauty standard bukanlah hal yang benar!

5. Kamu bisa kehilangan banyak momen indah dalam hidup

Unsplash.com/Jannes Jacobs

Apa kamu pikir dengan mengubah bentuk tubuhmu, maka kamu bisa memiliki hidup yang indah? Jawabannya, belum tentu! Hal ini dikarenakan, kamu terlalu sibuk memikirkan cara bagaimana membuat dirimu merasa menarik. Sehingga, banyak orang yang di sekelilingmu merasa kurang nyaman dengan dirimu.  

Padahal, mereka bisa menerima dirimu apa adanya. Lalu, kenapa kamu harus sibuk merasa minder dengan dirimu sendiri? 

6. Rasa tidak puas yang berlebihan akan membuatmu nekat menyakiti diri sendiri

Unsplash.com/Taisiia Stupak

Tentu kamu sudah sering mendengar, bahwa beberapa mental illness seringkali terjadi dikarenakan rasa tidak puas terhadap diri sendiri. Satu hal yang perlu kamu ingat, tubuhmu itu sangat berharga. Jangan karena rasa puasmu yang tidak wajar, kamu akhirnya menyakiti dirimu sendiri. 

Ingatlah, orang pertama yang harus bisa mencintai kamu adalah dirimu sendiri! Bagaimana mungkin orang lain bisa mencintai dirimu, jika kamu saja masih sering menyakiti dirimu sendiri. 

Baca Juga: Reaksi Tubuh Ini Patut Kamu Waspadai saat Makan Makanan Kedaluwarsa

Verified Writer

Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya