Comscore Tracker

9 Fungsi Keringat bagi Kesehatan Tubuh yang Gak Diketahui Banyak Orang

Ternyata juga berfungsi untuk mengatasi beberapa penyakit

Setiap orang memiliki kemampuan mengeluarkan keringat yang berbeda-beda, karena berkeringat adalah usaha tubuh dalam menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan sekitar. Biasanya keringat akan keluar setelah tubuh melakukan aktivitas yang cukup menguras tenaga, ketika gugup, atau ketika suhu ruangan tinggi.

Pasti kamu sering mendengar pernyataan bahwa orang yang sulit berkeringat, tubuhnya tidak sehat. Di balik baunya yang tidak sedap, keringat memang memiliki banyak fungsi bagi kesehatan. Jadi wajar saja jika muncul pernyataan seperti itu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 9 fungsi keringat bagi kesehatan tubuh.

1. Membuang racun dari dalam tubuh

9 Fungsi Keringat bagi Kesehatan Tubuh yang Gak Diketahui Banyak Orangmanscipated.com

2-5 juta kelenjar keringat di kulit manusia memainkan peran penting dalam membuang banyak zat beracun dalam tubuh. Keringat yang keluar dari tubuh membawa toxin dan racun-racun dari dalam tubuh.

Penelitian menemukan kandungan keringat terdiri dari berbagai jenis senyawa beracun, seperti kadmium, aluminium, dan mangan. Itulah makanya orang yang aktif berkeringat dikatakan lebih sehat daripada yang jarang berkeringat.

2. Melancarkan sirkulasi darah

9 Fungsi Keringat bagi Kesehatan Tubuh yang Gak Diketahui Banyak Orangblogher.com

Melakukan aktivitas berat membuat tubuh berkeringat. Hal ini menyebabkan detak jantung meningkat dan sirkulasi darah pun meningkat. Jantung bekerja lebih keras untuk meningkatkan sirkulasi darah. Mekanisme yang terjadi ini memberikan efek jangka panjang bagi kesehatan.

3. Mengontrol suhu tubuh

9 Fungsi Keringat bagi Kesehatan Tubuh yang Gak Diketahui Banyak Orangjustrunlah.com

Ketika suhu tubuh meningkat karena melakukan aktivitas yang berat, keringat berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh kita secara alami. Tubuh wanita sedikit lebih buruk daripada pria dalam hal mendinginkan tubuh dari panas yang ditimbulkan oleh aktivitas kerja.

Sebuah penelitian dari Experimental Psycology menemukan bahwa kemampuan pria dalam memproduksi keringat lebih tinggi dari wanita. Fakta ini terbukti setelah meminta sekitar 37 orang pria dan wanita untuk bersepeda selama 1 jam. Ternyata volume keringat yang diproduksi pria lebih banyak daripada volume keringat yang diproduksi wanita.

4. Melawan infeksi

9 Fungsi Keringat bagi Kesehatan Tubuh yang Gak Diketahui Banyak Orangmedicalnewstoday.com

Keringat bisa membantu tubuh melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur yang menempel di kulit kita. Para pakar kesehatan telah membuktikan bahwa keringat mengandung antibiotik atau peptida antimikroba alami dan nitrit.

Antibiotik alami dapat membunuh MRSA dan bakteri buruk lainnya di permukaan kulit kita. Nitrit memiliki sifat spektrum anti-bakteri dan anti-jamur.

Baca Juga: Berkeringat Banyak Saat Bangun Tidur Itu Tidak Wajar, Ini Alasannya!

5. Membakar kalori

9 Fungsi Keringat bagi Kesehatan Tubuh yang Gak Diketahui Banyak Orangindependent.co.uk

Banyak orang percaya bahwa berkeringat dapat membantu menurunkan berat badan. Ya, itu benar. Berkeringat dapat membakar hingga 300 kalori perjam. Tubuh yang memanas ketika berolahraga membuat lemak dalam tubuh larut dalam air dan keluar melalui keringat. 

6. Membantu mengatasi beberapa penyakit ringan

9 Fungsi Keringat bagi Kesehatan Tubuh yang Gak Diketahui Banyak Orangthestar.com

Sadar atau tidak, keringat membantu mengatasi beberapa penyakit ringan, lho. Ingatlah ketika mengalami demam, tubuhmu akan mengeluarkan keringat. Itu adalah cara tubuh memberi kode kepada sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

7. Meredakan stres

9 Fungsi Keringat bagi Kesehatan Tubuh yang Gak Diketahui Banyak Orangseriousstressreduction.com

Secara tidak sadar, keringat dapat meredakan stres. Suasana hati yang buruk dapat berubah menjadi cerah kembali. Ketika berolahraga, hormon endorfin dan bahan kimia lainnya dikeluarkan sehingga mood baik dapat terbangun secara alami.

8. Mencerahkan kulit

9 Fungsi Keringat bagi Kesehatan Tubuh yang Gak Diketahui Banyak Orangjojotastic.com

Berkeringat juga dapat mencerahkan kulit, memperlambat tanda-tanda penuaan dini, dan mengurangi efek kerusakan kulit. Ini tidak hanya berlaku bagi wajah, tetapi di seluruh kulit. Hal ini dikarenakan keringat secara otomatis membersihkan pori-pori kulit dari kuman dan bakteri sehingga kulit tampah lebih cerah dan halus.

9. Mencegah asma

9 Fungsi Keringat bagi Kesehatan Tubuh yang Gak Diketahui Banyak Orangmedicalnewstoday.com

Tubuh yang banyak berkeringat setelah melakukan olahraga dapat meminimalisir terjadinya asma. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian dari University of Michigan.

Itu tadi beberapa fungsi keringat bagi kesehatan tubuh. Jika kamu termasuk orang yang mudah berkeringat, selamat! Sebaliknya, jika kamu termasuk orang yang susah mengeluarkan keringat, coba koreksi lagi gaya hidupmu, apakah sudah sehat atau belum. Semangat untuk hidup sehat!

Baca Juga: Mitos Tentang Berkeringat: Apa Benar Bisa Membakar Lemak & Bikin Kurus

Topic:

  • Patricia Firscha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya