TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lakukan 5 Hal Ini saat Merasa Hidupmu Tertinggal Jauh dari Orang Lain

Gak usah cemas, yuk!

unsplash.com/Ethan Sykes

Melihat orang-orang di sekitar kita yang telah berhasil menggapai kesuksesannya, memang memberikan kebahagiaan tersendiri bagi kita, terlebih kalau orang tersebut adalah teman kita sendiri. Di satu sisi kita senang, namun di sisi lain, bisa saja kita jadi ikut merasa minder apalagi setelah melihat diri kita yang masih stuck di situ-situ aja.

Padahal kalau dipikir-pikir lagi, pencapaian setiap orang memang berbeda-beda, tergantung dari usaha dan mungkin sedikit privilege yang ia dapat. Tapi, jangan sampai hal ini malah membuat kalian terus-terusan merasa cemas, ya.

Coba deh, lakukan lima tips di bawah untuk mengatasi rasa ketertinggalan ini! Semoga bisa membantu, ya!

1. Singkirkan semua energi negatif yang merasukimu

unsplash.com/Gwendal Cottin

Manusiawi kalau kamu sesekali merasa minder, tapi jangan sampai hal ini membuatmu terus-terusan merasa terpuruk. Cobalah untuk membersihkan semua energi negatif yang ada di dalam dirimu, buang semua semua perasaan cemas dan gundah yang kalian rasakan.

Pasti kamu akan merasa lebih tenang nantinya dan jadi lebih mudah untuk menyusun rencana hidup tentang apa yang seharusnya kamu lakukan untuk mengatasi ketertinggalan ini. Yuk, usir semua perasaan negatif dan penuhi dirimu dengan pemikiran yang positif!

Baca Juga: 5 Cara agar Kamu Berhenti Tertekan dan Overthinking di Malam Hari

2. Ingat selalu bahwa "setiap bunga perlu waktu untuk mekar"

pexels.com/Andrea Piacquadio

Mungkin, kamu sudah sering mendengar kalimat bijak di atas. Tapi, cobalah sesekali merenunginya! Kalau kamu perhatikan baik-baik, tentunya setiap bunga gak serta-merta mekar gitu aja, kan? Pasti mereka perlu waktu yang mana pada awalnya masih terlihat kuncup, kemudian kelopak bunganya terbuka perlahan hingga memancarkan pesonanya yang indah.

Nah, dari sini sudah bisa disimpulkan, kalau mungkin saat ini kamu masih berada di fase "kuncup" dan belum waktunya untuk mekar. Teruslah berjuang karena pasti ada saatnya kamu juga akan bersinar!

3. Jangan lalai dari tanggung jawabmu saat ini

unsplash.com/Element5 Digital

Jangan sampai perasaan tertinggal ini membuat kamu mengabaikan tanggung jawabmu saat ini. Kalau kamu minder melihat teman yang sudah sukses mendahuluimu, coba ingat-ingat lagi! Mungkin, kamu dan dia berbeda garis start-nya!

Di saat dia sudah sukses dengan pekerjaannya, mungkin saat ini kamu masih disibukkan dengan kuliahmu yang sempat tertunda karena perihal tertentu. Gak perlu merasa rendah diri karena masih berpangku tangan pada orangtua. Kemandirian gak cuma diukur dari itu saja, kok.

Yang penting kamu bisa berproses dengan baik hingga membuat diri sendiri dan keluarga, bangga dengan kerja kerasmu!

4. Mintalah dukungan dari orang-orang terdekatmu

pexels.com/Elly Fairytale

Support system ini penting banget untuk kamu miliki, lho! Kalau kamu gak punya dukungan dari orang-orang di sekitarmu, pasti kamu jadi bingung sendiri dan hidupmu bakalan luntang-lantung nantinya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin mintalah saran dan juga dukungan dari orang-orang terdekatmu. Dengan begitu, kamu pun jadi lebih kuat untuk mengatasi perasaan ketertinggalan ini. Manfaat lainnya, kamu juga jadi lebih bersemangat untuk terus berusaha mencapai goals-mu!

Baca Juga: 10 Kutipan Hadis yang Bisa Jadi Pedoman Hidupmu, Meneduhkan Hati!

Verified Writer

Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya