Comscore Tracker

5 Cara agar Kamu Berhenti Tertekan dan Overthinking di Malam Hari

#IDNTimesLife Yuk, atasi sebelum efeknya makin parah!

Apakah kamu sering merasa susah tidur dan sering overthinking di malam hari? Jika iya, tentu kebiasaan ini sering mengganggumu jika gak segera kamu atasi. Perlu kamu ketahui bahwa perasaan tertekan maupun berpikir berlebihan di malam hari bisa jadi salah satu gejala depresi.

Memang bukan rahasia lagi bahwa otak manusia cenderung berpikir lebih dalam di saat keheningan malam datang. Harusnya istirahat, tak jarang di waktu tidur seseorang justru kesulitan memejamkan mata dan larut dalam pikirannya sendiri.

Biar kebiasaan burukmu gak semakin parah, berikut lima cara agar kamu berhenti tertekan dan overthinking di malam hari. Keep reading, guys!

1. Kamu harus membuat pikiranmu sibuk sepanjang hari

5 Cara agar Kamu Berhenti Tertekan dan Overthinking di Malam HariPexels.com/cottonbro

Cara pertama yang bisa kamu terapkan adalah menyibukkan diri dan pikiran sepanjang hari. Tentunya kesibukan yang kamu pilih sifatnya harus positif dan bermanfaat. Saat kamu sibuk, pikiran dan energimu akan cepat sekali terkuras. Efeknya kamu akan mudah terlelap di malam hari dan tidak sempat lagi mengisi otakmu dengan pikiran-pikiran yang tidak penting.

2. Melakukan hal-hal yang menyenangkan dan menghiburmu

5 Cara agar Kamu Berhenti Tertekan dan Overthinking di Malam HariPexels.com/Andrea Piacquadio

Cara kedua yang bisa kamu terapkan adalah mencari hiburan dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai. Melakukan hobi di malam hari bisa menjadi jalan untuk mengurangi rasa penat dan menyegarkan pikiran setelah sibuk bekerja seharian. Perasaan senang yang hadir dalam dirimu juga bisa membuat suasana hatimu membaik dan dapat mudah terlelap di malam hari.

3. Rutin menulis apa pun yang terjadi padamu pada sebuah buku khusus

5 Cara agar Kamu Berhenti Tertekan dan Overthinking di Malam HariUnsplash/Gift Habeshaw

Menulis sering disebut-sebut sebagai terapi jiwa. Menuliskan cerita harianmu dalam sebuah buku khusus dapat membuat perasaanmu jauh lebih lapang dari sebelumnya. Menuangkan perasaanmu dalam sebuah tulisan sama halnya membagikan beban pikiran agar menjadi lebih ringan. Biar kamu berhenti merasa tertekan dan overthinking di malam hari, ada baiknya kamu mulai mencoba menulis dari sekarang.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Mengatasi Overthinking, Tak Perlu Khawatir Lagi

4. Kamu harus mengingat bahwa hari esok bukan milikmu

5 Cara agar Kamu Berhenti Tertekan dan Overthinking di Malam Hariunsplash.com/Artem Maltsev

Perasaan tertekan dan overthinking yang sering datang di malam hari bisa disebabkan kamu begitu mencemaskan masa depan. Padahal sejatinya, pikiran-pikiran buruk dalam kepalamu bisa saja tidak pernah terjadi esok hari.

Daripada kamu memusingkan hal-hal yang masih belum pasti, ada baiknya kamu fokus saja untuk membahagiakan dirimu seolah esok tidak pernah datang. Tidak perlu terlalu keras pada dirimu, kamu hanya perlu percaya bahwa masa depan akan berjalan lurus jika kamu gak pernah berhenti berusaha.

5. Kamu harus ingat bahwa dirimu perlu kamu sayangi

5 Cara agar Kamu Berhenti Tertekan dan Overthinking di Malam HariUnsplash/Elijah O'Donnell

Ciri kamu menyayangi dirimu bisa dilihat dari cara kamu memperlakukan tubuh dan pikiranmu. Apakah bisa kamu menyebut gemar begadang dan membiarkan pikiran buruk merasuki kepalamu sebagai bentuk rasa sayang?

Tubuh kita memiliki jam biologis dan waktu istirahat. Jika kamu menyayangi dirimu, mulailah berhenti menyiksa diri menggunakan cara-cara yang disengaja seperti begadang misalnya. Saat tidurmu cukup nantinya energimu juga lebih banyak dan membuatmu sanggup melewati berbagai rintangan kehidupan.

Nah, itulah lima cara agar kamu berhenti tertekan dan overthinking di malam hari. Ubah pola pikir yang salah dan mulailah hidup lebih sehat dari sebelumnya. Gak usah dipikirin semuanya guys, cukup dijalani sebaik-baiknya aja!

Baca Juga: Kurangi Overthinking dengan Melakukan 5 Hal Ini sebelum Tidur 

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya