TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kegiatan Tengah Malam yang Bisa Kamu Lakukan untuk Usir Stres

Salah satunya dengan mencuci piring!

ilustrasi membaca buku di malam hari (pexels.com/cottonbro)

Waktu tengah malam memang jadi momen yang pas untuk melakukan segala sesuatu dengan penuh ketenangan. Gak bakalan ada distraksi karena semua orang pastinya sudah terlelap dalam tidurnya.

Momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir stres setelah lelah beraktivitas seharian. Ada banyak kegiatan tengah malam yang bisa kamu coba untuk meredakan stresmu, seperti yang ada pada daftar di bawah ini!

1. Mendengarkan musik

ilustrasi mendengarkan musik di kamar (pexels.com/George Pak)

Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara yang bagus untuk mengusir stres. Apalagi kalau melakukannya saat tengah malam, pastinya jadi lebih nyaman mendengarkannya karena gak ada suara bising dari luar.

Selain itu, kita juga bisa bernostalgia dengan lagu-lagu yang sering kita dengarkan di waktu lampau. Misalnya, saat masih kecil kamu sering mendengar lagu anak-anak dari penyanyi kesukaanmu, atau mendengar lagu dari kartun favoritmu di zaman dulu. Pastinya, hal itu bisa membangkitkan memori-memori indah yang pernah kita alami di masa lalu.

2. Mencuci piring

ilustrasi mencuci peralatan dapur (pexels.com/cottonbro)

Percaya gak percaya, mencuci piring saat tengah malam itu juga bisa meredakan stres, lho. Mencium bau sabun cuci piring, menikmati proses mencuci peralatan dapur, sekaligus merasakan dinginnya air malam, bisa membuat hati kita jadi merasa adem dan tenang.

Mungkin kedengarannya konyol, tapi coba kamu praktikkan sekali saja. Pasti kamu juga akan merasakan kedamaian tersebut. Tentu dengan catatan, kamu harus benar-benar menikmati proses saat mencuci piringmu itu. Bukan serta merta langsung mencucinya begitu saja!

Baca Juga: 9 Hal Simple yang Dilakukan Tiap Malam Agar BB Turun

3. Menonton film atau serial kesukaan

ilustrasi menonton film di malam hari (unsplash.com/Victoria Heath)

Yap, gak ada hal yang lebih menyenangkan selain bisa nonton film kesukaan tanpa adanya distraksi atau gangguan dari siapa pun. Itulah alasan mengapa banyak orang yang gemar menonton film atau maraton drama kesukaannya saat semua sudah terlelap dalam tidurnya.

Karena gak ada lagi keharusan untuk mengerjakan ini-itu, kita pun jadi bisa lebih fokus menyimak jalan ceritanya. Hatipun jadi senang. Gimana, mau mencoba hilangin stres dengan cara ini? Eits, walaupun kedengarannya menyenangkan, jangan dilakukan sering-sering, ya!

4. Menuangkan kegelisahanmu ke dalam tulisan

ilustrasi menulis di dalam kamar (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Gak semua masalah yang kita rasakan bisa diceritakan ke orang lain. Namun, memendamnya sendiri terkadang gak nyaman rasanya. Oleh karena itu, menulis di jurnal juga bisa menjadi solusi dari permasalahanmu.

Menuliskan keluh kesah atau pengalaman kurang menyenangkanmu di hari itu, sedikit banyak bisa membantu meringankan bebanmu. Ada ketenangan tersendiri yang dirasakan usai menuangkan kegelisahan kita ke dalam sebuah tulisan tangan. Untuk mencoba hal ini, memang lebih pas kalau kamu melakukannya di waktu sunyi seperti tengah malam.

Baca Juga: 5 Penyebab Kamu Sering Stres Tanpa Alasan yang Jelas, Penting Dicek!

Verified Writer

Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya