TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ditinggal Orang Terkasih Selamanya, Lakukan 6 Hal Ini Supaya Bahagia

Dengan atau tanpamu hidup harus tetap berjalan 

pixabay.com/free-photos

Percayalah Tuhan tidak akan menguji hambanya melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Sekarang mungkin kamu sedang mengalami sedu sedan ditinggal oleh orang tercinta untuk selama-lamanya. Kepergiannya begitu mendadak sehingga tak ada lagi kesempatan untuk menciptakan kebahagiaan bersama, seandainya kita tahu mungkin akan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Tapi, itu terlalu mustahil karena kita takaan pernah tahu kematian akan menjemput dan pergi membawanya kepada pangkuan Ilahi.

Setelah kesedihan melanda pasti akan terbitlah kebahagiaan itu, tentunya kita harus terus bersabar atas segala ujian yang mendera. Kesenangan tidak akan datang jika kita tidak mewujudkannya sendiri. Orang tersayang yang meninggalkanmu selamanya juga telah tenang sekarang di sana, dia hanya perlu doa bukan tangisanmu walaupun hal ini sangatlah wajar.

Untuk dapat menikmati hidup yang terus berjalan tanpa pernah mau berhenti sedikitpun, simak enam tips terbaik ini mengingat bahwa kita harus tetap terus melanjutkan hidup.

1. Kamu harus kuat, saya yakin kamu pasti bisa melewatinya!

pexels.com/andrea piacquadio

Cara terbaik menerima suatu kesedihan dalam hidup adalah dengan mengikhlaskan yang sudah terjadi. Mempercayai bahwasannya semua memang sudah menjadi bagian dari perjalanan hidup kita. Pertemuan dan perpisahan sudah diatur dalam genggaman sang Kuasa. Ada yang datang, ada juga yang pergi.

Jika kamu memang butuh sendiri untuk menenangkan diri, it’s okay karena sifat orang-orang itu berbeda-beda dalam menyikapi masalah, yang terpenting kamu harus tabah dalam menjalani semuanya dan ikhlaskanlah semua yang telah terjadi. Cause everything’s gonna be ok and you must accept it.

Baca Juga: Semangat! Jangan Merasa Gagal Hanya Karena 5 Hal Ini

2. Menjadi Lebih Rajin dalam Beribadah

pexels.com/ali arapoğlu

Kadang Tuhan menegur kita dengan memberikan cobaan karena kita kurang dekat mungkin selama ini? Bisa jadi juga, kita sering melalaikan kewajiban yang sudah semestinya dikerjakan. Kematian mengajarkan bahwa hidup ini hanyalah “titipan” saja.

Dengan sering melakukan ibadah pasti hidupmu akan terasa berarti serta akan menambah amalan-amalan baik kamu. Ingatlah! Di saat kamu meninggal nanti tak ada satu pun yang kamu bawa kecuali dua hal ini, amal dan pertanggungjawaban.

3. Menghargai setiap usaha orang lain

pexels.com/artem beliaikin

Mungkin dulu kita jarang menghargai orang yang telah pergi selamanya, terlalu menyia-nyiakan keberadaannya. Sekarang, waktunya untuk berbenah diri menghargai pemberian ataupun usaha sekecil apa pun itu yang diberikan oleh orang lain.

Menyayangi orang-orang yang senantiasa hadir di sekelilingmu dan selalu ada untukmu. Setidaknya dengan mengucapkan kata “terima kasih” disertai dengan indahnya sebuah senyuman.

4. Rajin berbagi kepada orang yang membutuhkan

pexels.com/tear cordez

Percayalah, dengan berbagi kepada orang lain kita pasti langsung akan merasa bahagia dan penuh syukur. Saling berbagi berarti mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan, dan akan mendatangkan kebaikan pula untuk diri sendiri.

Oh iya, saling berbagi juga akan menambah jumlah saudara-saudara kita yang merupakan sebuah rezeki dari Tuhan. Berbagi terhadap sesama tentu akan membuat hidup ini lebih bermakna bukan?

5. Lakukan kegiatan favoritmu, kalau bisa seharian penuh!

pixabay.com/free-photos

Misalnya seperti kamu hobi menyanyi, bernyanyilah sekencang mungkin kalau perlu hingga mata sembab atau sampai hilang suara kamu atau kamu hobinya makan, makanlah sesukanya dan hindari hal-hal yang justru malah membahayakan diri sendiri.

Dengan melakukan aktivitas yang kita sukai maka akan muncul kebahagiaan yang hadir dalam diri kita sendiri. Menjadi orang yang sangat berproduktif tentu akan melupakan betapa sedihnya cobaan yang menimpa kamu sekarang.

Baca Juga: 5 Alasan Tepat Mengikhlaskan adalah Obat Sakit Hati Terbaik

Verified Writer

Shafira Arifah

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya