TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menghentikan Hal Kecil Mencuri Kebahagiaan dalam Hidup

Jangan biarkan kebahagiaan itu dicuri

ilustrasi perempuan tersenyum (unsplash.com/Oleg Ivanov)

Apakah kalian merasa jika kebahagiaan seolah sedang menghindar dari kalian? Kadang hal besar nan penting terjadi dalam hidup, tapi tak dipungkiri kadang sebenarnya hanya hal kecil yang mengganggu kebahagiaan itu.

Jika kalian ingin berhenti membiarkan hal-hal kecil memengaruhi kebahagiaan kalian, mulailah dengan mengikuti lima tips sederhana ini.

1. Jangan membuat masalah kecil jadi besar

ilustrasi perempuan berdiri (unsplash.com/Marco Xu)

Orang terkadang membuat kesalahan, bukan manusia jika mereka tidak melakukannya. Daripada bereaksi berlebihan, tunjukkan saja pada orang itu bahwa kalian mengerti. Kalian juga bisa bergurau untuk meringankan suasana.

Ingat, seluruh pengalaman manusia di dunia ini secara alami datang dengan ketidaksempurnaan karena hidup hanyalah sebuah eksperimen. Semua orang ada di dunia ini untuk belajar dan tumbuh dan hal itu melibatkan kegagalan, kesalahan, dan penyesuaian diri dengan apa pun yang terjadi.

2. Jauhkan pikiran dari masalah

ilustrasi perempuan berdiri (unsplash.com/Jeremy Bishop)

Setiap kali terjadi sesuatu yang dapat mempengaruhi suasana hati, segera lakukan hal lain untuk mengalihkan pikiran kalian darinya. Ini mungkin tampak tidak bertanggung jawab, tetapi sebenarnya melakukan ini menunjukkan tanggung jawab yang besar untuk kesejahteraan diri sendiri.

Ini berarti kalian akan kembali ke masalahnya nanti ketika semuanya sudah jauh lebih tenang. Kalian mungkin akan menemukan solusi lebih cepat karena kalian telah memberi diri sendiri sebuah kesempatan untuk menenangkan diri dan berpikir jernih.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Hidup Lebih Lama dan Lebih Bahagia

3. Ingat bahwa hidup ini singkat

ilustrasi perempuan memejamkan mata (unsplash.com/kevin laminto)

Apakah kalian benar-benar ingin menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengkhawatirkan hal-hal sepele yang bisa mencuri kegembiraan? Harusnya tidak. Jadi, coba lihat gambaran yang lebih besar.

Kalian hanya memiliki waktu terbatas di dunia ini, jadi mengapa menyia-nyiakannya dengan terpaku pada masalah yang ada? Sebagian besar masalah sebenarnya tidak ada kecuali kalian menaruh perhatian padanya.

Ingatlah bahwa tagihan, uang, pekerjaan, harta benda, dan perselisihan semuanya bersifat sementara. Fokus pada apa yang benar-benar penting dan lupakan semua gangguan yang mengurangi kebahagiaan kalian.

4. Sederhanakan hidup

ilustrasi perempuan tersenyum (unsplash.com/Oleg Ivanov)

Mungkin kalian memiliki banyak kewajiban, terlalu banyak hal yang mengacaukan hidup, atau punya masalah yang rumit. Apapun masalahnya, cobalah untuk hidup sesederhana mungkin. Kurangi komitmen dan daftar tugas harian hingga akan lebih mudah untuk kalian kerjakan.

Singkirkan barang-barang ekstra yang tidak digunakan lagi dan pertahankan hubungan dalam hidup yang bisa memberikan kontribusi terbaik dalam hidup. Menjalani hidup sederhana menghapuskan tempat berkembang biak bagi masalah-masalah kecil nan konyol.

Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Bikin Hidup Lebih Tenang dan Bahagia, Buktikan!

Verified Writer

YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya