TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lakukan 7 Hal Ini di Usia 20an Bakal Hancurkan Hidupmu di 30 Tahun

Makanya jangan lakukan lagi, ya!

instagram.com/enzystoria

Apa yang kamu lakukan sekarang memang tidak akan langsung berdampak saat ini juga. Bisa jadi sepuluh atau dua puluh tahun mendatang. Banyak orang bilang mumpung masih muda maka jalani hidup sesuka hati saja. Kalimat tersebut nyatanya bermakna ceroboh yang biasanya dilakukan orang yang tidak berani bertanggung jawab atas hidupnya sendiri.

Kalau kamu terus lakukan hal ini saat masih 20an, kamu hanya akan menuai kecewa dan penderitaan sepuluh tahun berikutnya. Jangan lakukan lagi, ya!

1. Hidup hanya sekali, sayang kalau tidak digunakan bersenang-senang

Unsplash.com/Jacob Owens

Bukan berarti kamu tidak boleh bersenang-senang dan harus bekerja terus-menerus, tapi percaya pada kalimat tersebut hanya akan menjerumuskanmu pada lubang kesusahan. Percuma hari ini bersenang-senang kalau tuamu nanti meminta-minta. Jadi anak muda yang penting adalah berpikir panjang. Jangan biasakan untuk selalu memuaskan hawa nafsu sesaat.

2. Bertahan pada kalimat ‘masa muda tidak bisa diulang lagi’

Unsplash.com/Wout Vanacker

Iya, benar, masa muda memang tidak bisa diulang lagi, makanya kalau kamu susah nanti, bukankah itu semua kesalahan masa mudamu? Jangan terlalu muluk memandang kebahagiaan sehingga menikmati hidup hanya diukur dengan ‘bisa menghamburkan uang’. Ada banyak hal lain yang bisa dilakukan dari sekadar menghamburkan uang tidak jelas. Justru, ketika kamu lebih selektif, kamu jadi lebih bisa bangga pada diri sendiri.

3. Tidak menganggap tabungan adalah hal yang penting

Unsplash.com/Sharon McCutcheon

Jangan terus berpikir bahwa kamu masih muda sehingga masih punya banyak waktu. Kenyataannya belum tentu seperti itu. Justru ketika kamu masih muda, ini kesempatanmu untuk menabung dan melatih diri bisa mengatur keuangan dengan stabil. Nanti ketika waktumu habis dan tidak ada satupun hal yang bisa kamu dapatkan, jangan menyalahkan diri sendiri, ya.

Baca Juga: Kamu di Usia 20an? Coba Lakukan 7 Hal ini Agar Hidup Lebih Bermanfaat

4. Jaga kesehatan nanti saja kalau sudah tua

Unsplash.com/Hutomo Abriyanto

Iya kalau kamu masih hidup ketika tua itu bisa kamu rasakan, kalau tidak? Jangan ceroboh dan gegabah masalah kesehatan. Hanya karena kamu sehat sekarang, bukan berarti tidak ada yang perlu diperhatikan. Mulailah jaga diri sendiri sejak sekarang supaya setidaknya kamu bisa hidup lebih sehat di masa depan.

5. Tidak mau mencoba lagi saat gagal satu dua kali

Unsplash.com/Tom Morel

Kalau memang passionmu tidak bisa kamu jadikan pekerjaan, maka cobalah untuk mencintai pekerjaanmu sekarang. Kamu harus bisa menerima kenyataan bahwa tidak semua hal di dunia ini yang kamu inginkan akan menjadi milikmu. Akan ada masa dimana kamu gagal, tapi justru tidak apa-apa supaya kamu tahu namanya kecewa dan belajar. Jangan maunya menang sendiri, di dunia ini yang hidup bukan cuma kamu saja.

6. Mengikuti saran orang lain dalam keputusan hidupmu

Unsplash.com/Tyler Nix

Padahal itu hidupmu, tapi membiarkan orang lain menentukannya bisa berakibat fatal nantinya. Kalau kamu tidak cukup bisa menemukan kepastian jalan mana yang harus kamu ambil, cobalah untuk ambil waktu mempertanyakan diri sendiri dan melakukan hobi yang kamu suka. Cari tahu, bidang mana yang memang diperuntukkan untuk kamu kerjakan nantinya.

Baca Juga: Gak Usah Panik, Inilah Alasannya Menikah di Usia 30-an Itu Baik

Verified Writer

Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya