TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Cara yang Dijamin Ampuh Bikin Orang Perhatian Sama Pendapatmu

Coba saja!

forums.soompi.com

Ada banyak orang yang menggunakan cara yang keliru hanya karena dirinya ingin didengar. Padahal, didengarnya atau tidak sebuah pendapat itu tergantung dari bagaimana dia menyampaikannya. Nah, bagaimana denganmu? Apakah selama ini kamu termasuk orang yang selalu didengar, atau malah diabaikan?

Berikut adalah 7 cara yang dijamin ampuh bikin orang lain perhatian sama pendapatmu. Kamu tidak perlu melakukan atau mengatakan hal yang berlebihan hanya karena ingin didengar. Kamu bisa kok menarik perhatian orang lain tanpa banyak repot.

1. Ambil perhatian pendengar dengan mengatakan bahwa kamu ingin bicara.

soompi.com

Cara pertama yang paling sederhana adalah dengan mengatakan langsung kamu ingin bicara. Secara otomatis, dia akan menghentikan aktivitasnya dan mendengarkanmu.

2. Jangan langsung pada pendapatmu, mulai dengan pertanyaan yang berhubungan.

dramabeans.com

Jika kamu ingin memberikan kesan santai, jangan masuk ke pendapatmu dulu tapi tanyakan satu atau dua pertanyaan dengan jawaban ya atau tidak. Ini adalah cara ampuh untuk menarik perhatian orang lain. Pertanyaanmu adalah pasif agresif yang membuat mereka mendengatkanmu.

3. Ukur reaksi pendengar, jika mereka menunjukkan perhatian, mulailah persuasif.

dramafever.com

Melalui raut wajah, atau bahasa tubuhnya, kamu pasti bisa mengukur apakah dia tertarik atau tidak dengan apa yang kamu sampaikan. Kalau memang mereka menunjukkan kesetujuan, maka mulailah jadi persuasif tapi tidak berlebihan.

Baca juga: 7 Cara Cerdas Hadapi Ekstrovert yang Terlalu Banyak Bicara

4. Hindarilah konflik. Saat kamu sudah menyelesaikan pendapatmu maka jangan memaksa.

dramabeans.com

Jika memang terjadi perdebatan, jangan vokal kemudian memaksa orang lain untuk menerima pendapatmu saja. Hindari perdebatan yang berlebihan. Terlibat dalam perdebatan hanya akan membuat kamu terlihat buas dan keras kepala.

5. Tunjukkan bukti yang menguatkan pendapatmu.

allkpop.com

Bukti adalah hal penting yang jangan sampai kamu lupakan. Dengan memiliki bukti, pendapatmu akan jauh lebih rasional dan bisa diterima oleh semua pihak.

6. Jadilah pendengar yang baik.

allkpop.com

Jika kamu ingin didengar, maka kamu harus mendengar lebih dahulu. Jangan berharap orang lain akan mendengarmu kalau kamu saja tidak mau mendengarkan orang lain.

Baca juga: 7 Cara Cerdas Hadapi Ekstrovert yang Terlalu Banyak Bicar

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya