TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Agar Memiliki Pemikiran yang Kreatif, Kamu Wajib Membiasakan 5 Hal Ini

#IDNTimesLife Apakah kamu kesulitan mengasah kreativitas?

pexels.com/andrea piacquadio

Semua orang yang ada di dunia ini dilahirkan untuk memiliki kreativitas dengan gayanya masing-masing. Namun sebagian orang tidak mau mengasah kreativitas tersebut sehingga malah menyebabkan kebuntuan dalam berpikir. Jika kamu adalah salah satunya, mulai sekarang cobalah untuk berbenah.

Sejatinya pemikiran kreatif itu haris diasah agar tetap terjaga kualitasnya. Ada beberapa hal yang harus dijadikan kebiasaan agar kreativitasmu bisa terus meningkat. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, cobalah untuk simak pembahasannya berikut ini.

1. Ikutlah forum-forum diskusi yang berisikan orang-orang kreatif 

pexels.com/matheus bertelli

Forum diskusi merupakan sebuah wadah berisikan orang-orang yang haus akan pengetahuan baru. Dengan mengikuti diskusi, kamu akan mengasah mindset-mu karena di situ akan ada banyak sudut pandang yang sebelumnya tidak terpikirkan olehmu.

Selain itu, kamu juga akan mengetahui pengalaman banyak orang yang berhasil terbebas dari struggle dalam memunculkan kreativitas. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk mengikuti berbagai macam forum diskusi meskipun itu mengeluarkan biaya.

2. Jangan pernah lelah untuk melakukan "trial and error" secara berkala 

pexels.com/andrea piacquadio

Seseorang yang memiliki kreativitas tinggi, pastinya dia melakukan trial and error sebanyak mungkin. Hal itu dilakukan agar ide-ide yang muncul dapat menyempurnakan karyamu. Melakukan hal tersebut memang membutuhkan sebuah kesabaran karena kamu perlu mencobanya satu persatu.

Namun percayalah bahwa hal tersebut akan membuatmu menemukan ide kreatif sesuai gayamu. Jika ide-ide itu telah muncul, tidak dapat dimungkiri bahwa akan ada banyak karya yang akan terus terbentuk. Dengan adanya hal tersebut, kualitas kemampuan berpikir kreatifmu pasti akan bertambah secara signifikan.

Baca Juga: Jadi Support System, 6 Zodiak Ini Selalu Memberi Motivasi Hidup 

3. Bacalah berbagai macam referensi karya dari banyak orang 

pexels.com/vlada karpovich

Jika memiliki kebuntuan dalam mendapatkan ide, cobalah untuk membaca referensi karya-karya milik orang lain. Pasti akan ada celah yang bisa kamu perbaiki sehingga dapat menyempurnakan karya sesuai versimu. Namun ingatlah bahwa kamu tidak boleh menirunya semirip mungkin karena hal itu dilarang.

Ketika melakukan hal tersebut, percayalah bahwa kamu akan lebih kreatif dalam berpikir. Kamu tidak akan mengalami kebuntuan lagi perihal mendapatkan ide. Gunakanlah pola ATM atau singkatan dari Amati, Tiru, dan Modifikasi agar karya-karya barumu bisa terbentuk.

4. Jangan lupa untuk refreshing jika pikiranmu sedang buntu

pexels.com/artem beliaikin

Tidak dapat dimungkiri bahwa energi manusia itu sangatlah terbatas. Ketika rasa lelah melanda pikiranmu saat berusaha menemukan ide kreatif, cobalah untuk beristirahat sejenak. Otak dan tubuhmu itu perlu istirahat agar ide-ide cemerlang bisa muncul dengan sendirinya.

Jika terlalu memaksakan diri, yang terjadi hanyalah kebuntuan sehingga waktumu akan terbuang sia-sia. Cobalah untuk lebih sayang terhadap diri sendiri jika kamu memang benar-benar kelelahan. Mulai sekarang, istirahatlah jika hal itu memang diperlukan saat mengalami kebuntuan dalam berpikir.

Baca Juga: 5 Motivasi yang Harus Kamu Hindari Ketika Ingin Meraih Sesuatu

Verified Writer

Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya