Comscore Tracker

5 Motivasi yang Harus Kamu Hindari Ketika Ingin Meraih Sesuatu

Agar kebahagiaan hidup kamu dapatkan

Setiap orang pasti pernah berhasrat untuk meraih sesuatu dalam hidupnya. Entah itu berupa jurusan kuliah, pekerjaan, atau sesuatu yang berkaitan dengan masa depan. Tentu, ada motivasi yang menyertai sehingga hal tersebut ingin diraih dan diwujudkan. 

Apa pun hal yang hendak kamu raih, sebaiknya kamu jangan sampai memiliki lima motivasi berikut ini. Selain buruk, hal itu akan berdampak pada kehidupanmu di kemudian hari. Apa saja?

1. Menunjukan kepada orang lain bahwa kamu hebat

5 Motivasi yang Harus Kamu Hindari Ketika Ingin Meraih SesuatuPexels.com/Andrea Piacquadio

Kadang kala, kamu hendak meraih sesuatu dalam hidup dengan dalil ingin menunjukan kepada orang lain bahwa kamu mampu dan hebat. Sebenarnya gak ada yang salah, jika memang motivasi ini diikuti dengan harapan bahwa orang lain akan belajar dan terinspirasi dari perjuangan yang kamu lakukan. 

Namun, beda halnya jika motivasi ini kamu pakai untuk merendahkan orang lain dan menjadi sombong nantinya. Hal ini tentu gak baik dan gak menunjukan bahwa kamu manusia yang gak berguna. Jika memang kamu ingin menunjukan bahwa kamu mampu dan hebat dalam meraih sesuatu, pastikan hal itu membuat kamu makin rendah hati, ya.

2. Ingin menjadi sama dengan orang lain

5 Motivasi yang Harus Kamu Hindari Ketika Ingin Meraih SesuatuPexels.com/Moose Photos

Jika kamu memiliki motivasi ini, menunjukan bahwa kamu tidak bisa menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Kebahagiaanmu justru terletak pada kebahagiaan orang lain. Apa yang orang lain raih, kamu juga ingin. Apa yang orang lain miliki, kamu juga ingin miliki. Kamu jadi gak punya identitas sendiri. Cobalah menerima apa yang ada padamu, raihlah apa yang membuatmu gak menjadi cerminan kebahagiaan orang lain. 

3. Ingin mendapat pujian

5 Motivasi yang Harus Kamu Hindari Ketika Ingin Meraih SesuatuUnsplash.com/bruce mars

Semua orang pasti senang jika dipuji. Pujian bisa jadi tanda jika keberadaanmu dihargai oleh orang lain. Namun, menjadikan 'pujian' sebagai tujuan dalam kamu meraih apa pun, akan membuat kamu besar kepala dan menganggap diri kamu lebih dari orang lain. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi hidup kamu. Apalagi jika pada saat tertentu, pujian yang datang gak sesuai ekspektasi, kamu sendiri yang akan stress.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Jadi Freelancer Sukses, Pandai Mengatur Segalanya!

4. Demi banyak uang

5 Motivasi yang Harus Kamu Hindari Ketika Ingin Meraih SesuatuUnsplash.com/Sharon McCutcheon

Banyak orang yang ingin meraih sesuatu karena uang. Uang dianggap segalanya dan mampu memberi kebahagiaan. Namun, kenyataannya gak selalu demikian. Uang justru bisa merusak dan memperbudak siapa pun untuk melakukan hal-hal yang gak benar. 

Jika kamu masih punya motivasi seperti ini, segera sadar ya. Memiliki banyak uang justru akan membuat kamu gak tenang, karena hasrat memiliki banyak hal makin bertambah, apalagi kalau kamu gak pandai mengatur.

Berapa pun yang kamu punya, kelola dan nikmati untuk hal-hal yang berguna. Kalau memang nantinya punya banyak uang, jangan disimpan saja, tapi belajarlah bersedekah.

5. Memuaskan kepentingan pribadi

5 Motivasi yang Harus Kamu Hindari Ketika Ingin Meraih SesuatuPexels.com/Andrea Piacquadio

Memiliki impian yang mendatangkan keuntungan bagi diri memang adalah hal yang wajar. Namun, jika motivasinya terus begitu sampai akhir hayat, lalu apa gunanya hidup? Tuhan menciptakan bukan satu manusia saja, tetapi banyak. Semua itu dengan tujuan agar setiap orang saling memperhatikan kebutuhan orang lain. 

Biasakanlah memiliki motivasi untuk berguna, bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitar. Karena dengan begitu, kebahagiaan hidup akan kamu dapatkan.

Motivasi yang benar akan membawa kamu pada kebahagiaan hidup. Oleh karena itu, jangan merusak kebahagiaanmu dengan motivasi-motivasi yang salah, ya.

Baca Juga: 10 Dasar Pemikiran Hidup Minimalisme Dari Buku 'Seni Hidup Minimalis'

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya