TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Logis Mengapa Kamu Gak Boleh Kebanyakan Merenung

Sesuatu yang berlebihan itu gak baik!

pexels.com/andrea piacquadio

Menurut sebagian orang, merenung merupakan salah satu kegiatan yang cukup bermanfaat untuk menenangkan diri. Namun ungatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tidaklah baik. Terkadang kamu harus berpikir menggunakan sudut pandang yang berbeda demi kebaikan diri.

Ada beberapa hal negatif yang bisa kamu dapatkan jika kebanyakan merenung. Beberapa hal tersebut tentunya akan merugikan dirimu dan orang-orang di sekitarmu. Untuk oenjelasan lebih lanjut mengenai dampak buruk dari merenung yang dilakukan secara berlebihan, coba simak pembahasan berikut ini.

1. Kamu akan rentan untuk teringat masa lalu

pexels/patti spissoto

Hampir semua orang yang ada di dunia ini pasti memiliki masa lalu, terutama dalam hal cinta. Ketika kebanyakan merenung, tidak menutup kemungkinan kamu akan rentan untuk kepikiran tentang masa lalu. Hal tersebut malah menimbulkan luka lama untuk bangkit lagi.

Cobalah untuk membuang jauh-jauh kebiasaan tersebut jika tak ingin mengingat lagi tentang dia. Alangkah baiknya kamu melakukan hal positif lain untuk meningkatkan kualitas diri agar tidak mudah makan hati.

2. Merenung hanya akan menimbulkan ketagihan

pexels.com/andrea piacquadio

Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan pasti akan menimbulkan ketagihan. Jika kamu terus-terusan melakukan perenungan dan durasibya tak terkontrol, maka dapat dipastikan hal tersebut dapat menjadi kebiasaanmu dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu akan lebih banyak merenung daripada berbuat hal lain yang mungkin lebih bermanfaat. Tiada hari tanpa merenung dapat menjadi semboyan baru untukmu jika hal itu tak dapat terhindarkan. Oleh karena itu, berhentilah sebelum ketagihan.

Baca Juga: 5 Lagu Ini Bisa Jadi Teman Merenung Kala di Titik Terendah

3. Banyak waktu yang hanya terbuang sia-sia

pexels.com/ITS STRANGE

Satu-satunya dampak buruk yang secara gamblang terlihat dari berlebihan dalam merenung adalah waktumu akan terbuang sia-sia. Kamu hanya melakukan perenungan terhadap hidupmu tanpa dibarengi dengan aksi nyata. Maka dari itu, cobalah untuk berbenah agar hal tersebut tidak menjadi bumerang suatu saat nanti.

Sekali lagi ingatlah bahwa seiring berjalannya waktu usiamu akan terus bertambah. Lakukan hal-hal berkualitas yang dapat menunjang terealisasinya mimpi-mimpimu. Jangan buang-buang waktu hanya karena hal tersebut terlalu nyaman dilakukan.

4. Kamu akan lebih suka menyendiri daripada bersosialisasi

pexels.com/andrew neel

Semua orang pasti setuju bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Mau tidak mau kamu harus selalu bersosialisasi dengan orang di lingkungan sekitarmu agar bisa menjalani kehidupan sehari-hari tanpa disertai hambatan. 

Terlau sering merenung hanya akan menjadikanmu sebagai orang yang terbiasa menyendiri. Kamu akan merasa bodo amat dengan lingkungan sekitar karena tidak ada ketertarikan dalam dirimu. Oleh karena itu, cobalah membuka diri dan berhenti dari kebiasaan terlalu sering merenung.

Baca Juga: 5 Pesan Moral dari Film 12 Suicidal Teens, Bikin Kita Banyak Merenung

Verified Writer

Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya