TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Agar Gula Gak Mudah Menggumpal atau Lembek, Catat Ya!

Gula selalu tampak seperti baru, deh

tasteofhome.com

Gula merupakan bahan dasar dapur, yang sering digunakan untuk proses memasak. Beragam olahan banyak yang menggunakannya sebagai penambah rasa.

Namun, seringkali menyimpan gula membuatnya mudah menggumpal atau bahkan lembek. Untuk kamu yang penasaran apa saja tips agar gula tak mudah menggumpal dan lembek, berikut lima daftarnya.

1. Menggunakan wadah kering dan tertutup

freshpreserving.com

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah wadah penyimpanan dari gula. Bila memungkinkan, kamu dapat memilih wadah kering dan tertutup.

Selain itu, wadah berbahan kaca lebih direkomendasikan agar nantinya aroma dari gula tetap terjaga secara maksimal.

Baca Juga: 5 Manfaat Gula Siwalan, Gula yang Baik Bagi Penderita Diabetes

2. Memilih gula berkualitas baik

businessfirstonline.co.uk

Selain karena faktor dari wadah nya, pemilihan gula juga dapat menjadi alasan dari keawetannya.

Pilih lah gula dengan kualitas baik, yaitu dengan warnanya yang putih bersih tanpa ada kotoran. Kamu juga harus pintar-pintar dalam memilih gula dengan kualitas baik.

3. Pastikan wadahnya tak lembap

cleanipedia.com

Tingkat kelembapan dari wadah dapat menentukan keawetannya nanti. Wadah yang terlalu lembap hanya akan membuat gula mudah menggumpal atau bahkan lembek. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan kelembapannya agar gulamu pun menjadi lebih awet.

4. Letakan di tempat yang sejuk

sawyerceramics.com

Layaknya bahan makanan lain, gula pun juga memerlukan tempat yang sejuk untuk penyimpanan. Hindari gula dari sinar matahari langsung atau pun panasnya kompor. Hal ini akan membuat gula menjadi tidak awet atau cepat rusak.

Baca Juga: 6 Alasan Memilih Brown Sugar daripada Jenis Gula Lainnya

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya