Comscore Tracker

6 Alasan Memilih Brown Sugar daripada Jenis Gula Lainnya

Kamu harus tahu nih...

Meski sudah digunakan sebagai bahan pemanis dalam berbagai olahan makanan dan minuman sejak lama, tren penggunaan brown sugar baru meningkatkan akhir-akhir ini saja. Brown sugar menjadi populer dan terkenal karena digunakan sebagai pemanis minuman bubble tea.

Brown sugar merupakan jenis gula hasil dari kristalisasi sari tebu dan ditambah molases yang merupakan cairan hasil dari penyaringan sari tebu. Brown sugar diyakini lebih sehat daripada gula pasir berwarna putih karena gula berwarna cokelat ini memiliki manfaat dan kandungan nutrisi yang lebih baik daripada jenis gula yang lainnya. Di samping sebagai penambah warna pada sajian, berikut ini merupakan beragam manfaat brown sugar bagi kesehatan.

1. Baik untuk kesehatan tulang

6 Alasan Memilih Brown Sugar daripada Jenis Gula Lainnyamyrecipes.com/

Brown sugar tinggi akan kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan terhindar dari terkena osteoporosis. Selain kalsium, brown sugar juga mengandung mineral penting lainnya seperti fosfor yang sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Kalsium dan fosfor juga mampu menghindarkan tubuh dari berbagai jenis penyakit mulai dari radang sendi sampai kanker tulang. Selagi mengonsumsi brown sugar, jangan lupa untuk menyeimbangkannya dengan makanan dan minuman menyehatkan yang lainnya, seperti yogurt, kangkung, tahu, susu rendah lemak, brokoli, bayam dan sebagainya.

2. Meminimalisir resiko obesitas

6 Alasan Memilih Brown Sugar daripada Jenis Gula Lainnyabbqpit.de

Di balik rasa manisnya yang khas, brown sugar rupanya juga memiliki khasiat untuk mencegah obesitas. Menggunakan brown sugar untuk aneka jenis sajian diklaim mampu meminimalisir risiko obesitas karena jumlah kalorinya lebih sedikit jika dibandingkan dengan kalori pada gula putih. Meski begitu, konsumsilah brown sugar secukupnya dan seperlunya saja serta tidak berlebihan agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal oleh tubuh.

3. Menjaga kestabilan tekanan darah

6 Alasan Memilih Brown Sugar daripada Jenis Gula Lainnyaespaceagro.com/

Brown sugar ternyata mengandung kalium yang jika dikonsumsi bisa bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Meski begitu, kadar kalium yang dikandung brown sugar tergolong cukup rendah. Karena itu, selagi mengonsumsi brown sugar, penting sekali bagi kita untuk mendampingi pemakaian brown sugar dengan mengonsumsi makanan yang mampu melengkapi kebutuhan kalium seperti alpukat, pisang, brokoli, jeruk, daging ayam dan semacamnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Gula Siwalan, Gula yang Baik Bagi Penderita Diabetes

4. Meningkatkan kualitas pencernaan

6 Alasan Memilih Brown Sugar daripada Jenis Gula Lainnyadfifoodservice.com/

Mengkonsumsi brown sugar diklaim tak hanya dapat meningkatkan energi tapi juga meningkatkan kualitas sistem pencernaan tubuh. Tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsi brown sugar jika sedang mengalami masalah pencernaan atau lambung. Meski merupakan bahan dapur, brown sugar rupanya dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan dengan cara direbus dalam segelas air bersamaan dengan irisan jahe. Minumlah ramuan racikan tersebut secara teratur sampai sakit pencernaan mulai mereda.

5. Meredakan sakit menstruasi

6 Alasan Memilih Brown Sugar daripada Jenis Gula Lainnyacoop.co.uk/

Kandungan mineral beserta kalium yang terdapat dalam brown sugar disinyalir  mampu meringankan rasa nyeri dan ngilu pada perut saat menstruasi. Caranya adalah dengan mengonsumsi secangkir air hangat yang telah dicampur dengan sedikit brown sugar agar kram cepat mereda. Campuran brown sugar dan air hangat ini akan membantu otot-otot rahim menjadi rileks dan memudahkan peluruhan dinding dalam rahim pada saat menstruasi.

6. Memiliki kandungan antiseptik

6 Alasan Memilih Brown Sugar daripada Jenis Gula Lainnyany.eater.com/

Antiseptik dapat membantu penyembuhan luka ringan seperti memar dan zat ini terkandung dalam brown sugar. Kandungan antimikroba dan antiinflamasi yang tergolong tinggi dalam brown sugar, jika dikonsumsi atau dibubuhkan pada luka terbuka diyakini mampu mencegah terjadinya infeksi yang berkelanjutan pada luka tersebut. Bukan hanya mencegah penyebaran infeksi, mengonsumsi brown sugar secara teratur ternyata juga dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit dan membantu melembabkan kulit.

Nah gimana? Setelah mengetahui berbagai manfaat dan keunggulan brown sugar dibanding jenis gula lainnya di atas, kamu makin ingin mengonsumsi brown sugar 'kan?

Baca Juga: 6 Trik Sukses Diet Gula, Hidup Tetap Manis dan Lebih Sehat

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya